10:18 am - Selasa November 12, 2019

Sastra

Berita Teratas on Sastra
Puisi Eka: Ingatan Mereka

Puisi Eka: Ingatan Mereka

Oleh Eka* Ingatan Mereka Sekarang kau pergiMeninggalkan mereka yang mudah kutemuiMeninggalkan kenangan yang tak mudah kuhindariDan kehilanganmu memang berat kurasai Saat rindu tak dapat lagi kurayuSaat lembaran kusam menunjukkan aksaramuAku menemukanmuKau hadir walau dalam ikatan... Baca lengkap »

Puisi-Puisi Perjuangan Ovi

Puisi-Puisi Perjuangan Ovi

Oleh Ovi* Bangun dan Bergeraklah matahari sudah tinggidan diri masih tetap beginimasih seenak perut,kenyang lalu terbenam bersiaplah menelan kekecewaanbersama riak penyesalanterpasung nestapasesak dirasa dada bahkan,matahari masih berbaik hatiia menunggu sampai kau berada di atashingga... Baca lengkap »

Meneropong “Sang Bintang” dari Dataran T...

Meneropong “Sang Bintang” dari Dataran Tiga Pengadegan

Catatan Pentas Monolog “Sang Bintang” Dewi Aminah Sebagai sebuah ekspresi dan peristiwa seni, pementasan teater monolog “Sang Bintang” yang diusung komunitas pembelajar Sangkanparan dari Cilacap ke Kebumen (9/5) malam itu; menjadi momentum yang berbeda dari pentas di ruang publik... Baca lengkap »

Saat “Jago Tengsiang” SRMB dibawa ke Fes...

Saat “Jago Tengsiang” SRMB dibawa ke Festival TBRS

Semarang – Putaran akhir Festival Pertunjukan Rakyat 2018 yang difasilitasi Forum Komunikasi Media Tradisional (FK-Mitra) Jawa Tengah sukses digelar di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang, Sabtu (28/4). Sebanyak 6 delegasi daerah yakni dari Semarang, Magelang, Purworejo, Kebumen,... Baca lengkap »

Puisi Ngapak “Waton Muni” Kus Diesel Dig...

Puisi Ngapak “Waton Muni” Kus Diesel Digelar di Gombong 

Pernahkah terbayang bahwa di sela pekerjaan hariannya di bengkel, seorang mekanik spesialis mesin diesel masih sempat menulis puisi?   Itu lah yang dilakukan Tunjung Kusmanto yang karena kesehariannya bergumul dengan mesin diesel, kemudian lebih dikenal sebagai Kus Diesel, hingga akhirnya... Baca lengkap »

Demi Selamat dan Maaf

Demi Selamat dan Maaf

Sajak Karya : Afif Hanif Demi tinta di kepala-kepala kami yang kau tumpahkan agar otak kami tak kosong tak berisi. Demi pena di langit-langit mimpi kamar kami yang kau gantungkan seperti mainan bayi. Demi buku di dada-dada kami yang kau buka satu-satu, kau pajang, kau bingkai seperti lukisan... Baca lengkap »

More from Sastra

Pemenang Bukan Mengalahkan Orang Lain

Puisi karya Farah Frastia Hari ini Aku belajar betapa menjadi pemenang Bukan semata dengan mengalahkan orang lain Aku belajar Betapa merangkai tali dengan yang dulunya asing Dan menyambung... Baca lengkap »

Ma…

Puisi-puisi Karya Putu Jagat Ma Ma, Telah aku mengerti hujan dan kemarau negri ini Pun sudah kualami beberapa fenomena yang nyata Tetapi, Ma Tidak untuk perasaan Ia tak berwujud apapun... Baca lengkap »

Mak, Anak-anakmu di Negeri ini

Catatan Sastrawi Ugik Awan putih itu bergerak ke arah barat, arak berarak Andi lihat. Andi sendirian tanpa teman. Apalagi kekasih pujaan. Andi tidak mau diganggu wanita. Mimpi Andi semoga... Baca lengkap »

Kisah Yang Terindah Dalam Hidup

Namaku Diana aku mempunyai kisah yang terindah dalam hidupku yang tak mungkin bisa aku lupakan. mempunyai orang-orang yang instimewa dalam hidupku mereka bernama Alea, Lis, Rizky, Dwy,... Baca lengkap »

Dongeng Sebelum Tidur

Puisi Karya: Afif Hanif   Jangan takut gelap, Sayang, kataku. Hitam hanyalah kopi, yang tertuang ke dalam cangkir, di mana ujungnya sering bergantian kita kecupi.   Aku adalah kunang-kunang... Baca lengkap »