6:21 pm - Sabtu Juli 20, 2019

Hiburan

Latest News on Hiburan
Peniron Siap Gelar Ritual “Ruwat Dadung”...

Peniron Siap Gelar Ritual “Ruwat Dadung” di Taman Banyu Langit

Mengintegrasikan kearifan tradisi menjadi bagian dari daya tarik dalam destinasi wisata merupakan upaya promise yang brilian. Gagasan menggelar ritual “Ruwat Dadung” (Ruwat Dhadhung_Jw) di Taman Banyu Langit (TBL) sejak pendiriannya akhir Januari 2018 lalu pun menjadi kenyataan dalam beberapa... read more »

Kisah Musa, Fir’aun dan Abrohah di...

Kisah Musa, Fir’aun dan Abrohah di Wayang Santri

Catatan Pentas Wayang Santri di Ratih TV Reaktualisasi kisah-kisah klasik dalam konteks kekinian rupanya tengah menjadi upaya intens dari narasi panjang pembaharuan jagad pentas seni tradisional yang satu ini. Adalah Wido Senoaji, sang dalang dari Ambal yang mencoba bertutur melalui pilihan... read more »

Spirit Ekologi dalam Nikah Kades Kaibon ...

Spirit Ekologi dalam Nikah Kades Kaibon Petangkuran

Ketika resepsi pernikahan maupun khitanan dihelat di banyak tempat, sering terlihat souvenir dibagikan kepada para tamu yang menghadirinya.  Menjadi sesuatu yang luar biasa rasanya manakala yang dibagikan itu bukan souvenir seperti umumnya, melainkan bibit pohon. Ini yang terjadi sepanjang hari... read more »

DKD Kebumen Gelar “Kebumen Violin ...

DKD Kebumen Gelar “Kebumen Violin Orchestra”

KEBUMEN – Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kebumen menggelar launching Kebumen Violin Orchestra (KVO) dengan mengambil tempat di Maxolie Hotel Kebumen, Minggu (24/2). Helatan kelompok musik kamar yang dominan instrumen gesek seperti ini terbilang langka dan untuk yang pertama kalinya DKD... read more »

Ki Dalang Basuki: “Penonton adalah Guru ...

Ki Dalang Basuki: “Penonton adalah Guru Yang Baik”

Catatan Ulang Tahun SRMB Ke-16   Seni Pedalangan di Kebumen ternyata memiliki gaya atau gagrag tersendiri, yang karakternya agak berbeda dengan seni pedalangan yang berkembang secara umun di Jawa atau bahkan di Indonesia. Secara umum kita mengenal ada seni pedalangan Gagrag Surakarta,... read more »

Re-interpretasi “wahyu” Panc...

Re-interpretasi “wahyu” Pancasila

Catatan dari Paguyuban Pengkhayat Kepercayaan “Masyarakat Pancasila” Selain dikenal sebagai basis home-industry kerajinan berupa anyaman pandan, ternyata Desa Grenggeng di Karanganyar menyimpan potensi kearifan tradisional lain berupa kehidupan paguyuban masyarakat penganut... read more »

More from Hiburan

FFP 2018 di Kebumen Berlangsung Meriah

KEBUMEN – Perumahan Griya Jatisari Indah mendadak ramai pada Selasa (10/07/2018) sejak sore hari. Pasalnya ada layar tanjleb yang dihadirkan Jaringan Kerja Film Banyumas Raya (JKFB).... read more »

6 Film FFP 2018 digelar di Karangsambung

FFP 2018 Gandeng Pokdarwis dan Karang Taruna Ratusan penonton memadati tanah lapang pedukuhan Pesanggrahan malam itu, Senin (9/7); tak jauh dari pusat keramaian Karangsambung Kebumen. Sejak... read more »

Festival Film Purbalingga 2018, Kebumen Jatah 2 Lokasi Pemutaran

Festival Film Purbalingga (FFP) sebagai satu-satunya event festival film berskala nasional di Provinsi Jawa Tengah yang konsisten dengan program kompetisi tingkat pelajar se-Banyumas Raya... read more »

Meneropong “Sang Bintang” dari Dataran Tiga Pengadegan

Catatan Pentas Monolog “Sang Bintang” Dewi Aminah Sebagai sebuah ekspresi dan peristiwa seni, pementasan teater monolog “Sang Bintang” yang diusung komunitas pembelajar... read more »

Mahasiswa IAINU Menjaga NKRI Dari Desa

KEBUMEN- Menjaga tradisi dari desa dengan turun ke bawah bagian dari pengabdian masyarakat. Pengabdian itu bagian dari menjaga tradisi leluhur yang dipertahankan. Demikian yang dilakukan Mahasiswa... read more »