3:58 pm - Rabu Mei 22, 6841

Seni

Latest News on Seni
Kisah Musa, Fir’aun dan Abrohah di...

Kisah Musa, Fir’aun dan Abrohah di Wayang Santri

Catatan Pentas Wayang Santri di Ratih TV Reaktualisasi kisah-kisah klasik dalam konteks kekinian rupanya tengah menjadi upaya intens dari narasi panjang pembaharuan jagad pentas seni tradisional yang satu ini. Adalah Wido Senoaji, sang dalang dari Ambal yang mencoba bertutur melalui pilihan... read more »

Victory Dance Crew Bagi-bagi Takjil

Victory Dance Crew Bagi-bagi Takjil

KEBUMEN – Anggota Victory Dance Crew (VDC) menyambut “bulan penuh berkah” pada Ramadhan 1440 H dengan cara tersendiri. Kelompok anak-anak muda yang menekuni bidang tari kreasi ini, membagi-bagikan takjil kepada masyarakat di seputaran alun-alun Kebumen, Sabtu (15/5). Kegiatan digelar di ruas... read more »

Membongkar Pasung Ronggeng “Kunes”

Membongkar Pasung Ronggeng “Kunes”

Keberanian mbarang lengger komunitas “Titik Kumpul” di Roemah Martha Tilaar, pantas mendapatkan apresiasi luas. Pilihan mengangkat repertoar berbingkai Tribute to Kunes yang dipersiapkan bagi panggung Asia di Taiwan April-Mei mendatang; membuat penonton terpengarah (16/3) malam itu. Namun... read more »

DKD Kebumen Gelar “Kebumen Violin ...

DKD Kebumen Gelar “Kebumen Violin Orchestra”

KEBUMEN – Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kebumen menggelar launching Kebumen Violin Orchestra (KVO) dengan mengambil tempat di Maxolie Hotel Kebumen, Minggu (24/2). Helatan kelompok musik kamar yang dominan instrumen gesek seperti ini terbilang langka dan untuk yang pertama kalinya DKD... read more »

Ki Dalang Basuki: “Penonton adalah Guru ...

Ki Dalang Basuki: “Penonton adalah Guru Yang Baik”

Catatan Ulang Tahun SRMB Ke-16   Seni Pedalangan di Kebumen ternyata memiliki gaya atau gagrag tersendiri, yang karakternya agak berbeda dengan seni pedalangan yang berkembang secara umun di Jawa atau bahkan di Indonesia. Secara umum kita mengenal ada seni pedalangan Gagrag Surakarta,... read more »

Re-interpretasi “wahyu” Panc...

Re-interpretasi “wahyu” Pancasila

Catatan dari Paguyuban Pengkhayat Kepercayaan “Masyarakat Pancasila” Selain dikenal sebagai basis home-industry kerajinan berupa anyaman pandan, ternyata Desa Grenggeng di Karanganyar menyimpan potensi kearifan tradisional lain berupa kehidupan paguyuban masyarakat penganut... read more »

More from Seni

SURAN EBLEG SINGO MATARAM DIBANJIRI RATUSAN PENONTON

Sudah menjadi tradisi, hampir disetiap grup kesenian tradisional yang ada di Kebumen, pada setiap bulan Sura, mereka menyelenggarakan Tradisi Gebyag Suran. Tak terkecuali juga pada grup... read more »

Rumah Inklusif Pameran Batik Pegon” Tema  Tajuknya Batik Pegon, Pameran dan Apresiasi”...

Kebumen  tela lahir perjin batik pegon yang di motori oleh  Ibu Iin sapaanya, nama lekap  Muinatul Khoiriyah, mengawali cerita awal-awal kegiatan membatik di Rumah Inklusif. kegiatan... read more »

Meneropong “Sang Bintang” dari Dataran Tiga Pengadegan

Catatan Pentas Monolog “Sang Bintang” Dewi Aminah Sebagai sebuah ekspresi dan peristiwa seni, pementasan teater monolog “Sang Bintang” yang diusung komunitas pembelajar... read more »

Saat “Jago Tengsiang” SRMB dibawa ke Festival TBRS

Semarang – Putaran akhir Festival Pertunjukan Rakyat 2018 yang difasilitasi Forum Komunikasi Media Tradisional (FK-Mitra) Jawa Tengah sukses digelar di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS)... read more »

Mahasiswa IAINU Menjaga NKRI Dari Desa

KEBUMEN- Menjaga tradisi dari desa dengan turun ke bawah bagian dari pengabdian masyarakat. Pengabdian itu bagian dari menjaga tradisi leluhur yang dipertahankan. Demikian yang dilakukan Mahasiswa... read more »