3:58 pm - Minggu Mei 22, 6727

Artikel

Latest News on Artikel
Kisah Musa, Fir’aun dan Abrohah di...

Kisah Musa, Fir’aun dan Abrohah di Wayang Santri

Catatan Pentas Wayang Santri di Ratih TV Reaktualisasi kisah-kisah klasik dalam konteks kekinian rupanya tengah menjadi upaya intens dari narasi panjang pembaharuan jagad pentas seni tradisional yang satu ini. Adalah Wido Senoaji, sang dalang dari Ambal yang mencoba bertutur melalui pilihan... read more »

Membongkar Pasung Ronggeng “Kunes”

Membongkar Pasung Ronggeng “Kunes”

Keberanian mbarang lengger komunitas “Titik Kumpul” di Roemah Martha Tilaar, pantas mendapatkan apresiasi luas. Pilihan mengangkat repertoar berbingkai Tribute to Kunes yang dipersiapkan bagi panggung Asia di Taiwan April-Mei mendatang; membuat penonton terpengarah (16/3) malam itu. Namun... read more »

Spirit Ekologi dalam Nikah Kades Kaibon ...

Spirit Ekologi dalam Nikah Kades Kaibon Petangkuran

Ketika resepsi pernikahan maupun khitanan dihelat di banyak tempat, sering terlihat souvenir dibagikan kepada para tamu yang menghadirinya.  Menjadi sesuatu yang luar biasa rasanya manakala yang dibagikan itu bukan souvenir seperti umumnya, melainkan bibit pohon. Ini yang terjadi sepanjang hari... read more »

Ki Dalang Basuki: “Penonton adalah Guru ...

Ki Dalang Basuki: “Penonton adalah Guru Yang Baik”

Catatan Ulang Tahun SRMB Ke-16   Seni Pedalangan di Kebumen ternyata memiliki gaya atau gagrag tersendiri, yang karakternya agak berbeda dengan seni pedalangan yang berkembang secara umun di Jawa atau bahkan di Indonesia. Secara umum kita mengenal ada seni pedalangan Gagrag Surakarta,... read more »

Jambore Hammock Ramaikan Peresmian Taman...

Jambore Hammock Ramaikan Peresmian Taman Bunga Desa Peniron

Kebumennews>> Setelah sukses meluncurkan destinasi wisata Brujul Adventure Park, Desa Peniron Kec. Pejagoan. Kini Desa penghasil oyek tersebut kembali akan meresmikan destinasi baru di Dukuh Perkutukan. Taman bunga Banyu Langit itulah destinasi yang pada tanggal 29 Desember 2018 rencananya... read more »

Re-interpretasi “wahyu” Panc...

Re-interpretasi “wahyu” Pancasila

Catatan dari Paguyuban Pengkhayat Kepercayaan “Masyarakat Pancasila” Selain dikenal sebagai basis home-industry kerajinan berupa anyaman pandan, ternyata Desa Grenggeng di Karanganyar menyimpan potensi kearifan tradisional lain berupa kehidupan paguyuban masyarakat penganut... read more »

More from Artikel

Foto Oleh: ahmad ibnu

AMONG-AMONG SEBAGAI TRADISI KEBUDAYAAN DAERAH

Di dalam sebuah masyarakat, tentu saja ada banyak kelompok masyarakat yang memiliki karakteristik yang berbeda beda satu sama lainnya. Perbedaan-perbedaan karakteristik yang dimilikinya... read more »

KERAGAMAN BAHASA DI DESA SETROJENAR

Sebagai warga desa Setrojenar dan sekitarnya, dalam kehidupan sehari-hari, kita menemukan realitas bahwa setiap individu biasanya masuk ke dalam satu kelompok etnik tertentu dan menggunakan... read more »

METODE PAIN ASSESSMENT TOOLS DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO BAHASA JAWA

Kebumen News – Dewasa ini peran perawat sangat penting di pelayanan Rumah Sakit dalam memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif kepada pasien. Asuhan keperawatan diberikan... read more »

Workshop Pelatihan Protokol dan MC KPI IAINU Kebumen Disambut Antusias Peserta Hingga Mele...

IAINI Kebumen >> Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (HMPS KPI) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen telah mempersembahkan event yang luar... read more »

Lomba Lintas Wisata Wisata Alam Bukit Prabu Berlangsung Meriah

Kebumen News>> Keindahan tiap sudut Kabupaten Kebumen memang telah terbukti dengan semakin bertambahnya pembukaan obyek wisata oleh masyarakat. Seperti Desa Tirtomoyo Kecamatan Poncowarno, yang... read more »