Dapat Dana Hibah, UMNU Lounching Konservasi Tanaman Obat dan Cafe Jamu

Kebumen, 03 November 2022

Tim PPK Ormawa Himagrotek UMNU Kebumen yang lolos dan memperoleh dana hibah dari Belmawa Dikti mengambil tema konservasi tanaman obat. Tim PPK Ormawa memiliki goals atau tujuan yang menjadi suatu pencapaian dari program yang telah disusun yaitu Launching Pusat Konservasi Tanaman Obat dan Cafe Jamu.

Konservasi tanaman obat merupakan salah satu upaya yang dirancang oleh tim PPK Ormawa dengan tujuan melestarikan dan membudidayakan tanaman obat yang saat ini sudah sulit ditemukan. Lahan konservasi tanaman obat memiliki 58 jenis tanaman obat yang dijadikan sebagai pusat edukasi tentang keragaman jenis tanaman obat yang tentunya memiliki khasiat bagi tubuh. Selain itu, dengan adanya Jamu Brujul sebagai produk unggulan tim PPK Ormawa merupakan salah satu langkah yang diambil guna memunculkan peluang bagi produk jamu untuk tetap eksis di masa sekarang. Cafe jamu yang merupakan sarana bagi para pembeli dan penikmat jamu dapat mengkonsumsi jamu dengan keadaan fresh.

Kegiatan Launching Pusat Konservasi Tanaman Obat dan Cafe Jamu dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Kaprodi Agroteknologi sekaligus Dosen Pendamping Kegiatan PPK Ormawa, Pemerintah Desa Peniron, dan juga anggota kelompok konservasi tanaman obat.

” Diharapkan melalui loancing pusat konservasi tanaman obat dan juga cafe jamu ini dapat menjadi sarana edukasi dan juga penambah semangat untuk para mahasiswa dalam melakukan pengabdian. Karena salah satu tujuan dari kegiatan mahasiswa adalah melakukan pengabdian. Semoga nantinya pusat konservasi ini dapat bermanfaat dan juga dapat berkesinambungan untuk program selanjutnya” Tutur Onok Yayang Pamungkas Wakil Rektor 1 Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen.

Apresiasi juga diberikan oleh Ibu Umi Barokah M.P selaku Dosen Pembimbing dan juga Kaprodi Agroteknologi atas kesuksesan terlaksananya program PPK Ormawa yang sudah berjalan selama lima bulan karna berjalan sukses.

 Nantinya kegiatan ini tetap berlanjut walaupun program PPK Ormawa ini telah berakhir dan mahasiswa terus mendampingi Desa Peniron untuk melanjutkan dan mengembangkan pusat konservasi tanaman obat dan cafe jamu brujul sebagai pusat edukasi dan pusat bisnis di Desa Peniron. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.