Rahmat Sahid, Kader Muda NU Asal Kebumen Dipercaya Jadi Wakil Ketua LTN PBNU

126 Viewed kebumenn
Advertisment Single content advertisement top

Kebumen News (25 Maret 2022)

Kader nuda NU berasal dari Ambal, Kabupaten Kebumen, Rahmat Sahid (40) yang selama ini sudah menghasilkan beberapa buku biografi tokoh nasional dan juga penulis buku Ensiklopedia Keislaman Bung Karno dipercaya oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk berkhidmah di Lembaga Ta’lif Wan Nasyr (LTN PBNU).

Kader muda potensial yang lahir dan mengenyam pendidikan dasar dan menengah di Kebumen ini telah mengalir darah NU sejak lahir dari keluarganya yang merupakan kyai kampung. Darah NU semakin diperkuat saat ia menempuh pendidikan Aliyah di Wonoyoso Kebumen, madrasah pesantren yang didirikan oleh KH. Achmad Nasicha guru KH Syaifudin Zuhri mantan menteri agama (dalam buku Guruku orang-orang dari pesantren) dan KH Fatkhurrohman, tempat di mana NU pertama kali berdiri di Kabupaten Kebumen.

Bakat kepemimpinannya sudah nampak sejak di bangku MTs dan MA. Saat di MTs KHR Ilyas, ia juga mondok dan menjadi pengurus di Pesantren KHR Ilyas dan saat di Madrasah Aliyah Salafiyah Wonoyoso ia dipercaya menjadi Ketua OSIS dan pengurus pramuka.

Setelah kuliah di UIN Syarif Hidayatulloh ia benar-benar menunjukkan bakat kepemimpin di organisasi mahasiswa. Berproses dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia pada Mapaba di Cabang Ciputat (2000), ia juga tergolong kritis. Tak hanya itu, Rahmat memiliki keberanian tinggi untuk melakukan perubahan. Hal itu dibuktikan dengan terjun di gerakan mahasiswa bersama Forum Kota dan juga menjadi salah satu deklarator GMNI di Ciputat (2004), tanpa pernah meningalkan darah NU dalam tradisi gerakannya.

Meskipun tumbuh dari dunia gerakan dan pernah berprofesi sebagai wartawan ia tetap sosok yang religius dan berwawasan Ahlussunah Wal Jamaah yang kuat memegang prinsip Rahmatan Lil Alamin.

Saat ini, dalam pengukuhan pengurus lembaga PBNU yang sekaligus rakernas di Ponpes Cipasung Tasikmalaya, Rahmat masuk jajaran pengurus yang dikukuhkan di LTN PBNU masa khidmah 2022-2027. Sebelumnya, ia juga dipercaya sebagai Bendahara Lakpesdam PWNU DKI Jakarta masa khidmah 2021-2026.

Saat dimintai konfirmasi mengenai amanah tersebut, ia menyampaikan jawaban singkat

“Sejatinya hidup ini adalah pengabdian, saya sangat berterimkasih kepada PBNU yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengabdi di LTN PBNU sebagai wakil ketua. Semoga saya bisa berdedikasi dengan baik untuk NU sebagai bentuk ketakdziman kepada para muassis NU,” ungkap Rahmat Sahid. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Filed in

Menuju Mandiri Berprestasi, MTsN 8 Genjot UM dan Karakter

Negara Amerika Serikat Dibangun Dari Emas Papua. Bacalah Wahai Generasi Penerus Bangsa Indonesia…

Related posts