Peringati Hari Bahasa Ibu Internasional 2022, UMNU Gelar Lomba Puisi, Cerpen dan Mendongeng  

Tak Berkategori

Kebumen News (3 Maret 2022)

Hari Bahasa Ibu Internasional jatuh pada tanggal 21 Februari 2022. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen menyelenggarakan event. Event digelar dalam rangka memperingari Hari Bahasa Ibu Internasional Tahun 2022. Event digelar tanggal 1 Maret 2022 di Kampus UMNU 2 Karanganyar.

Panitia mengemas event ini dengan mengadakan lomba-lomba. Lomba Mencipta Cerpen, Mendongeng Bahasa Jawa, dan Membaca Puisi diikuti mahasiswa dan SMA/SMK/Sederajat Se-Jawa Tengah. Even ini bertema “Membina Multibahasa Masyarakat dan Inklusi Melalui Pendidikan”.

Puncak Acara peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional dihelat pada Selasa, 01 Maret 2022 pukul 07.00-16.00 dibuka oleh Pembawa Acara, dilanjutkan sambutan Ketua Panitia dan Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia Prissilia Prahesta Waningyun, M. Pd., menuturkan mengenai apa bahasa Ibu, mengapa ada peringatan Hari Bahasa Ibu, dan bagaimana bahasa ibu itu ada.

“Bahasa Ibu adalah bahasa pertama yang dialami setiap manusia, Sebelum berkomunikasi dengan orang lain, setiap bayi berkomunikasi dengan ibunya dan mendapatkan bahasa pertama dari ibunya.” Tutur Perempuan yang biasa dipanggil Prissilia ini lugas.

Lomba mendongeng berbahasa Jawa mengundang tiga dewan juri yaitu Muchlas Abror, M. Pd., Prissilia Prahesta Waningyun, M. Pd., dan Ririn Nurul Azizah, M. Pd. Lomba membaca puisi serta cipta cerpen diundang tiga dewan juri yaitu Dr. Onok Yayang Pamungkas, M. Pd., Rosita Sofyaningrum, M. Pd., dan Mustolih, M. Pd. I., M. Pd..

Kegiatan berlangsung lancar dan meriah diikuti oleh tujuh belas peserta terdiri dari sepuluh peserta lomba membaca puisi, empat peserta lomba mendongeng bahasa Jawa, dan tiga peserta lomba mencipta cerpen. 

Kamis, 03 Maret 2022 digelar acara akhir yaitu penganugerahan terhadap para juara lomba membaca puisi, mendongeng bahasa Jawa, dan cipta cerpen yang dilaksanakan di Kampus Pusat UMNU. Lomba puisi, juara I Aisyka Fitriyanti dari MAN 1 Kebumen, juara II Dina Mirda dari SMK N 1 Kebumen, dan juara III Laras Setia Rahayu dari SMA Negeri 1 Klirong. Lomba mendongeng bahasa jawa juara 1 Imroatul Mahmudah dari MAN 3 Kebumen, juara 2 Nova Aulia Zhakilla dari SMA Plus Nurul Falah, dan juara 3 Raka Difdafilka dari SMA Muhammadiyah Gombong.

Lomba cipta cerpen, juara I Diah Laeli Maghfiroh dari MAN 3 Kebumen, juara II Azizah Citra Nuraini Ahmad dari SMK N 1 Kebumen, dan juara III Anna Roswita Peruminingsih dari Prodi PAUD UMNU Kebumen.

Juara 1 menerima hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp350.000, Beasiswa bebas SPP selama 3 Semester di UMNU Kebumen, Piala, dan sertifikat kejuaraan. Juara II mendapat hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp250.000, Beasiswa bebas SPP selama 2 Semester di UMNU Kebumen, Piala, dan sertifikat kejuaraan. Juara III mendapat hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp150.000, Beasiswa bebas SPP selama 1 Semester di UMNU Kebumen, Piala, dan sertifikat kejuaraanSemua peserta yang mengikuti lomba juga mendapatkan sertifikat menjadi peserta lomba. (Ani Retnowati & Zul Musarofah)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.