Menuju Mandiri Berprestasi, MTsN 8 Genjot UM dan Karakter

Tak Berkategori

Kebumen News (17 Maret 2022)

Menjelang pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Madrasah Tsanawiyah (MTs) adakan sosialisasi Ujian Madrasah (UM) dan Do’a Bersama Tahun Pelajaran 2021/2022 pada hari Kamis (17/03), di mushola madrasah. Kegiatan ini dihadiri Orang tua/Wali peserta didik dan komite. Sosialisasi tersebut sebagai wujud dari pelaksanaan salah satu program kerja madrasah tentang penyelenggaraan UM.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah Muhiban  menyampaikan  pentingnya sosialisasi UM untuk mengetahui pelaksanaan dan syarat kelulusan kepada orang tua peserta didik. “Bapak Ibu Orang Tua Wali Peserta Didik Kelas IX, syarat kelulusan sebenarnya hanya tiga; putra-putri Bapak Ibu mengikuti semua program pembelajaran, berakhlak baik, dan mengikuti UM. Untuk syarat pertama dan kedua insya Allah putra putri Bapak Ibu telah terpenuhi. Syarat yang ketiga inilah yang membutuhkan kekompakan antar madrasah, orang tua, dan peserta didik” terangnya. 

“Tugas madrasah menyelenggarakan UM. Tugas peserta didik mengerjakan UM. Tugas orang tua mendorong, mengawasi anaknya berangkat ke madrasah apa tidak, termasuk juga menyiapkan kondisi dan situasi agar anak secara fisik sehat serta jangan lupa berdoa agar putra putri kita sukses dalam melaksanakan UM, hingga akhirnya lulus ujian dan berprestasi” tambah Muhiban.

Muhiban menjelaskan bahwa Prosedur Operasional Standart (POS) Penyelenggaraan UM ini untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi kelulusan. UM adalah sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah, juga sebagai umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran di madrasah. 

“Dalam ujian itu bagaimana madrasah dapat memaksimalkan target kurikulum yang telah ditentukan. Madrasah dalam hal ini siswa, diharapkan punya kompetensi yang tinggi, sehingga seluruh peserta UM nantinya dapat mengikuti ujian dan mendapatkan hasil yang baik, jadi jangan sampai siswa tidak siap dalam mengikuti ujian apalagi pelaksanaan ujian sudah berstandar komputer” ungkap Muhiban.

UM  ini sebagai bahan evaluasi sekaligus sebagai alat pengendali dan pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs N 8 Kebumen yang sangat tepat dan akurat bagi kemajuan madrasah menuju madrasah mandiri berprestasi. (diw)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.