Maksimalkan Potensi Usaha Kecil, FKPAI Ambal Inisiasi Bantuan Dana Bergulir

Tak Berkategori

Kebumen News (14 Maret 2022)

Muslim ideal merupakan impian semua orang. Menjadi ideal tidak cukup hanya fokus membangun hubungan vertikal kepada Allah,  tapi harus diimbangi dengan kerja keras, mencari rizki halal dan barokah. Berpijak dengan hal itu maka penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Ambal melakukan pembinaan rutin bulanan sekaligus mencoba menginisiasi bantuan dana bergulir ekonomi produktif untuk pedagang kecil di komplek wisata pantai Mliwis. 

Demikian disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Ambal, Akhmad Kheroni, S.H.I melalui Penyuluh Agama Islam Fungsional, Ky Fahrudin, M.Pd, saat memberikan sambutan pada acara  pembinaan rutin Majelis Taklim Jigang (ngaji karo dagang), sekaligus penyerahan  bantuan dana bergulir dari Baznas Kabupaten Kebumen, Kamis (10/3/2022), bertempat di Mushala al Hidayah komplek pantai Mliwis, Desa Kenoyojayan, Kecamatan Ambal.

Penyuluh Agama Islam lanjut Ky Fahrudin, sudah hampir 6 bulan terakhir  melakukan  kegiatan ngaji rutin dengan jamaah yang hampir seluruhnya adalah pedagang.

“Kurang lebih 6 bulan terakhir, setiap Kamis pon kita melakukan pembinaan rutin di MT Jigang, dan ke depannya kita akan terus istiqomah melakukannya.” Tutur Ky. Fahrudin.

“Kegiatan ngaji diniatkan agar para jamaah tidak fokus mencari kebutuhan materi saja tetapi juga tidak melupakan ibadah,” imbuhnya. 

Sedikit menjelaskan berdirinya mushala al Hidayah, Ky Fahrudin mengatakan, keberadaan Mushala yang hari ini diresmikan juga tidak lepas dari komunikasi intens teman teman  Penyuluh dengan  Pemerintah Desa Kenoyojayan, dan tentunya  pihak pengelola pantai Mliwis.

Dari situ mulailah dilanjut dengan melakukan komunikasi dengan pihak tertentu yang terkait, imbuhnya.

“Ketika suatu hari teman-teman penyuluh shalat di pantai Mliwis dengan keterbatasan tempat, muncul inisiatif  bagaimana kalau di tempat ini berdiri tempat ibadah yang nyaman.” terangnya.

Di bagian lain dalam sambutannya Ketua Baznas Kab. Kebumen, KH Bambang Sucipto, M.Pd.I menyampaikan, bantuan dana bergulir ekonomi produktif kepada pelaku usaha kecil dimaksudkan untuk membantu dalam mengembangkan usahanya. Untuk tahap pertama ada 7 pelaku usaha yang menerima bantuan  dengan nominal bervariatif antara Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000.  Kedepan KH Bambang berharap  akan semakin banyak para pedagang yang bisa  mendapatkan bantuan ini.

Terpisah, Sekretaris Desa, Untung, mewakili Pemerintahan Desa kenoyojayan, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar besarnya kepada semua pihak, Penyuluh Agama Islam,  Baznas  dan lainnya yang telah yang telah banyak memberikan dukungan moril maupun materiil, sehingga di Pantai Mliwis selain yang utama sebagai tempat hiburan tapi syiar Islam tetap memancar dengan  berdirinya Mushala dan keberadaan MT Jigang.

Acara yang diakhiri shalat berjamaah, berlangsung  hidmat namun santai. Turut menghadiri acara Penyuluh Agama Islam KUA Ambal, Basznas, perwakilan BPJS Kesehatan, Pemdes Kenoyojayan, tokoh masyarakat serta pedagang pantai mliwis yang tergabung dalam MT Jigang. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.