Kebumen News Berita features Budaya Kebumen dan sekitarnya

14 Februari 2022

Pandang Publikasi Penting, Kemenag Kebumen Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar

Filed under: Tak Berkategori — Tag: — kebumenn @ 11:54 am

Kebumen News (14 Januari 2022)

Kementerian Agama Kabupaten Kebumen mengundang bagian pengelola kehumasan di satuan kerja di bawah kementerian Agama Kabupaten Kebumen untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar di aula Kemenag Kebumen Jl. Pahlawan Kebumen. Acara dibuka oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kementerian Agama Kebumen Drs. H. Khamid, M.Pd.I mewakili Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asadudin, S.Ag., M.Pd.

“Kegiatan ini penting karena saat ini informasi berkembang sangat pesat dan cepat, sebagai orang Kemenag kita wajib turut serta menyebarkan berita yang menenangkan bukan malah merusak dan menimbulkan perpecahan.” Tutur Khamid dalam sambutan saat membuka Pelatihan.

Pelatihan Jurnalistik ini diikuti oleh MA, MTs, dan MI Negeri, petugas KUA, Pokjawas dan Ketua IGRA dan PGMI. Peserta terlihat antusias saat mengikuti pelatihan. Kegiatan ini mengambil tema “Ketajaman Pena Kami Merawat Kerukunan dan Mengawal Prestasi Untuk Kemaslahatan Umat”.

Wartawan yang menjadi narasumber dalam pelatihan Muhamad Thohri berasal dari Ratih TV Kebumen. Narasumber menyampaikan materi tentang Etika Jurnalistik, Teknik Pembuatan Berita. Selain wartawan narasumber utama dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Nurzain Wahyu.W. Subkoordinator Subbag Umum dan Humas Jawa Tengah.

“Membuat berita itu beda dengan memuat informasi di media sosial. Berita itu harus dengan berbagai pertimbangan, karena berita itu memiliki efek langsung maupun tidak langsung. Harus diawali dari menggali informasi di lapangan, ketemu narasumber. Saat ketemu narasumber harus punya trik agar narasumber mau di wawancarai, dan bercertia.” Tutur Thohri saat mengisi materi.

Thohri juga mengajak para pengelola Humas untuk betul-betul fokus, karena kunci booming dan tidaknya sebuah lembaga, atau program atau kegiatan berada di tangan Humas. Selain membuat berita dengan kalimat-kalimat efektif dan efisien, seorang jurnalis harus berkali-kali melihat dan kembali memperbaiki tulisannya agar kemungkinan dan kesalahan dapat terhindarkan.

Siang hari Kepala Kemenag datang secara pribadi bersama Nurzain narasumber dari Kanwil Provinsi Jawa Tengah. H. Ibnu Asadudin, M.Pd saat memberikan motivasi kepada peserta pelatihan menyampaikan bahwa ilmu jurnalistik dari sisi Hubungan Masyarakat sangat penting dan dibutuhkan saat menyampaikan maupun menyebarkan informasi dari dan ke masyarakat.

Peran Humas menurut Nurzain adalah membangun kepercayaan publik, mensosialisasikan kebijakan program, mencari mengklasifikasi dan menganalisis data dan informasi. membentuk meningkatkan dan mempertahankan opini positif publik. menampung dan mengolah aspirasi masyarakat.

“Humas Kemenag menjadi wakil Kemenag di masyarakat, misal informasi Haji, informasi ramadhan dan lain. lain (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Powered by WordPress