6:12 am - Selasa Oktober 19, 2021

Perlunya Inovasi Dalam Pendidikan

58 Viewed bram 0 respond
Advertisment Single content advertisement top

Yakino, S.Pd., M.Pd.

(Guru MTs N 1 Kebumen)

Pendidikan tidak akan pernah terlepas dari berbagai tantangan dan persoalan. Adapun alasan yang menuntut diadakan inovasi pendidikan antara lain yaitu perkembangan IPTEK yang semakin pesat menuntut dunia pendidikan untuk lebih inovatif. Pendidikan harus mampu menjadikan manusia-manusia yang tangguh. Manusia-manusia yang mampu bertahan menghadapi perubahan, perkembangan, dan tuntutan kemajuan jaman. Pendidikan harus dilakukan secara terus-menerus sesuai dengan konsep pendidikan seumur hidup (life long education).

Single content advertisement top

Selanjutnya, tantangan lain yang menuntut diadakannya inovasi pendidikan antara lain yaitu berbagai persoalan yang datang, baik dari luar maupun dari dalam sistem pendidikan itu sendiri. Beberapa di antaranya yaitu: (1) Sumber daya pendidikan belum dimanfaatkan secara efektif dan efisien; (2) Sistem pendidikan belum sempurna, seperti kurikulum yang belum relevan dan suasana belajar belum menarik; dan (3) Pengelolaan pendidikan belum peka terhadap perubahan dan tuntutan keadaan, baik masa kini maupun masa akan datang.

Dengan demikian, maka diperlukan inovasi pendidikan yang diarahkan kepada pembangunan nilai dan budaya bangsa. Pendidikan tidak boleh hanya berorientasi pada standarisasi, formalisasi yang tinggi, dan birokratisasi yang ketat dan kaku. Kendatipun pemerataan dan peningkatan kapasitas institusi pendidikan dapat dilakukan dengan biaya yang relatif murah, orientasi tersebut harus dibenahi. Hal tersebut karena berpotensi menimbulkan kesalahan orientasi pada arti pembangunan pendidikan.

Keberhasilan pendidikan tidak boleh hanya didasarkan pada banyaknya murid. Keberhasilan pendidikan harus dilihat dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik peserta didik. Pendidikan dikatakan berhasil apabila mampu membawa kesuksesan muridnya, yaitu mampu mencapai kesejahteraan hidup. Pendidikan harus membekali anak dengan berbagai hal yang diperlukan dalam kehidupannya. Dari segi materi, pendidikan dikatakan berhasil apabila lulusannya menjadi orang kaya. Dari segi non materi, pendidikan dikatakan berhasil apabila lulusannya menjadi orang berakhlak, pintar, dan memliki keterampilan tertentu, serta hidupnya bahagia.

Dalam praktiknya, inovasi pendidikan tidak terlepas dari beberapa kendala yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam praktik inovasi pendidikan, antara lain: (1) Rancangan inovasi tidak berdasarkan data yang akurat; (2) Implementasi inovasi yang dilakukan tidak tepat sasaran; (3) Konflik internal dan atau eksternal; (4) Kurangnya komitmen dan motivasi; (5) Lemahnya berbagai faktor penunjang inovasi; (6) Kurangnya sumber daya pendukung; dan (7) Kurangnya dukungan dari berbagai pihak terkait.

Dengan demikian, kendala tersebut perlu diatasi dengan berbagai upaya strategis. Inovasi pendidikan harus dirancang secara multi strata dan multi program. Diperlukan juga berbagai upaya dan tekad yang kuat untuk mencapai keberhasilan inovasi pendidikan.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Untuk Seluruh Rakyat Indonesia

Related posts