8:42 pm - Rabu September 22, 2021

PKK Desa Peniron Dilatih Membuat Pupuk Bokashi

87 Viewed kebumenn 0 respond
Advertisment Single content advertisement top

Kebumen News (12 September 20210

Himpunan Mahasiswa Program Studi Agroteknogi UMNU Kebumen yang dikoordinir oleh bidang pengabdian masyarakat melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Peniron, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Kegiatan kali ini adalah pendampingan pembuatan pupuk bokashi berkolaborasi dengan ibu PKK Desa Peniron. Kebetulan PKK Desa Peniron di tahun 2021 mendapatkan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen. Kegiatan dari P2L ini antara lain adalah membuat kebun bibit, demplot dan pertanaman serta pascapanen untuk tanaman sayuran.  Kegiatan P2L ini juga menjadi dampingan dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pejagoan.

Single content advertisement top

Kegiatan kali ini adalah praktek membuat pupuk bokashi sebagai upaya untuk mendukung kegiatan budidaya tanaman. Pupuk organik merupakan pondasi dalam melakukan budidaya tanaman. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat pupuk bokashi adalah kotoran ternak. Hal ini disebabkan karena sebagian besar ibu PKK Desa Peniron memiliki ternak. Oleh sebab itu sebagai upaya pemanfaatan sumber daya lokal yaitu dengan memanfaatkan limbah yang ada di desa untuk digunakan sebagai salah satu bahan pembuat pupuk bokashi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 8 September 2021 di komplek taman wisata Banyu Langit yang merupakan lokasi kegiatan P2L dari TP PKK Desa Peniron. Kegiatan ini diikuti oleh anggota dari kegiatan P2L TP PKK Desa Peniron dan mahasiswa program studi Agroteknologi UMNU Kebumen.

Tujuan dari pembuatan pupuk organik adalah untuk meningkatan kesubura tanah sehingga mampu meningkatkan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan. Selain pupuk kandang, bahan yang digunakan untuk membuat pupuk bokashi adalah air cucian beras.

“Selama ini Ibu PKK Desa Peniron belum mengetahui manfaat dari air cucian beras, biasanya air cucian beras selalu mereka buang. Padahal sebenarnya air cucian beras tersebut banyak manfaatnya yaitu bisa digunakan sebagai pupuk organik cair yang menyuburkan tanaman karena dapat merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman keseluruhan dalam pembentukan zat hijau klorofil yang sangat penting untuk melakukan proses fotosintesis.” Tutur Umi Barokah, Dosen UMNU yang tutur mendampingi.

Setelah mengetahui manfaat dari air cucian beras, ibu PKK desa Peniron akan memulai menampung air cucian berasnya untuk dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair. Bahan selanjutnya yang digunakan adalah EM4. EM4 ini bisa dibeli di toko pertanian. EM4 merupakan bakteri fermentasi bahan organik tanah yang menyuburkan tanaman dan menyehatkan tanah. Manfaat EM4 antara lain memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah, meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi, memfermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat (bokashi), menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman, serta meningkatkan keragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah.

Adapun cara membuat pupuk bokashi antara lain siapkan kotoran ternak, sebaiknya adalah yang sudah matang agar tidak terlalu lama prosesnya. Campur air cucian beras (leri) dengan sepertiga EM 4 kemudian aduk hingga merata. Tuangkan air campuran tersebut ke dalam kotoran ternak tersebut. Setelah itu aduk hingga merata dan semprotkan air hingga semua basah pada kotoran tersebut. Setelah dikira semua sudah basah kemudian tutup kotoran tersebut dengan plastik.

“Harapan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ibu PKK Desa Peniron dapat mengaplikasikan cara membuat pupuk bokashi dari limbah ternaknya secara mandiri sehingga dapat digunakan sebagai pupuk untuk memelihara tanaman di rumah masing-masing maupun di lahan demplot P2L TP PKK Desa Peniron.” Tutur Sri Winarni Ketua PKK Desa Peniron.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Gapoktan Kalijirek Panen Varietas Inpari Ir Nutri Zink Karbohidrat Tinggi, Dampingan UMNU

Kunjungi Pasar Pereng Kali, Wamen Desa PDT dan Transmigrasi Sekaligus Tinjau Vaksinasi

Related posts