8:37 pm - Rabu September 22, 2021

Gapoktan Kalijirek Panen Varietas Inpari Ir Nutri Zink Karbohidrat Tinggi, Dampingan UMNU

107 Viewed kebumenn 0 respond
Advertisment Single content advertisement top

Kebumen News (1 September 2021)

Beras merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, salah satunya di Kabupaten Kebumen. Kandungan karbohidrat yang tinggi yang membuat beras masih menjadi primadona untuk konsumsi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya mengenyangkan, untuk saat ini kandungan gizi yang tinggi yang ada dalam beras juga merupakan salah satu kriteria terpenuhinya gizi keluarga. Untuk itu, Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Teknik Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen mengenalkan varietas padi Inpari IR Nutri Zink kepada masyarakat di wilayah Kebumen. Dimulai dari Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar, kini pengenalan varietas gizi tinggi tersebut mulai dikenalkan di Desa Kalijirek, Kecamatan Kebumen.

Single content advertisement top

Pengenalan dilakukan dengan cara melakukan demonstrasi plot (Demplot) di lahan Gapoktan Sri Jaya Desa Kalijirek Kecamatan Kebumen dengan luasan sekitar satu hektar. Varietas Inpari Ir Nutri Zink ini dipilih dikenalkan ke Gapoktan Sri Jaya dikarenakan varietas tersebut memiliki kandungan zink yang tinggi yaitu 34.51 ppm dengan rata-rata kandungan Zink 29.54 ppm. Zink sangat vital dibutuhkan bagi kelangsungan hidup sel-sel tubuh manusia. Zink merupakan komponen pembentuk lebih dari 300 enzim yang berfungsi antara lain untuk penyembuhan luka, menjaga kesuburan, sintesa protein, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu efek negative jika tubuh kekurangan Zink adalah stunting.

Stunting adalah kondisi gangguan pertumbuhan pada anak sehingga mimiliki ukuran tinggi badan lebih rendah (kerdil) dari standar usianya. Hal tersebut akibat kekurangan gizi yang kronis terutama pada 1000 hari pertama hingga usia bi bawah tiga tahun.

Permasalahan stunting di Indonesia cukup mengkhawatirkan, data dari WHO menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan ke-5 tertinggi dengan jumlah anak kondisi stunting di dunia. Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia di Indonesia hubungannya dengan kemampuan daya saing bangsa, yang ditakutkan adalah dapat mengganggu perkembangan otak. Untuk itu pencegahannya adalah dengan mengkonsumsi nasi dengan gizi tinggi yaitu padi varietas Inpari IR Nutri Zink.

Turut hadir dalam panen Padi varietas Inpari IR Nutri Zink Katua Gapoktan Sri Jaya Desa Kalijirek, Bapak Mufid, Sekretaris Desa Kalijirek Bapak M. Muchtarom, PPL BPP Kecamatan Kebumen, Ika Maya Sari, S.P. dan Ketua Program Studi Agroteknologi UMNU Kebumen Umi Barokah,M.P. Pertanaman memiiki jumlah anakan rata-rata 26 batang dengan hasil ubinan 5.6 ton/Ha dikarenakan pertanaman mengalami kendala air dikarenakan musim kemarau sehingga hasil kurang optimal.

Namun demikian, varietas padi Inpari IR Nutri Zink ini memiliki keunggulan selain gizinya tinggi juga memiliki umur tanaman yang cukup genjah yaitu 115 hari. Bentuk gabahnya juga ramping, dan ketika dipanen cukup mudah dikarenakan memiliki tingkat kerontokan sedang. Seain itu, varietas ini juga memiliki ketahanan terhadap Wereng Batang Coklat (WBC) botipe 1 dan 2 dan agak tahan terhadap Hawar Daun Bakteri patotipe 3. Tekstur nasinya juga pulen dengan kadar amilosa 16.6% sehingga sangat cocok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

“Varietas Inpari IR Nutri Zink ini nantinya dapat diadopsi oleh petani  di wilayah Desa Kalijirek dan sekitarnya karena selain ketahanannya terhadap hama penyakit juga memiliki kandungan gizi tinggi yang mutlak dibutuhkan oleh tubuh.” Tutur Umi Barokah, M.P. Ketua Program Studi Agroteknologi UMNU Kebumen.

Karena dari konsumsi pangan yang sehat dan bergizi, maka tubuh akan menjadi lebih kuat sehingga perkembangan otak akan lebih cemerlang sehingga mampu meningkatkan kemampuan putra-putri bangsa. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Kunjungan Ilmiah UMNU Ke Sentra Bengkoang Prembun

PKK Desa Peniron Dilatih Membuat Pupuk Bokashi

Related posts