6:50 am - Selasa Oktober 19, 2021

‘Pikachu’, Jadi Fokus KKN UMNU di Desa Peniron

352 Viewed kebumenn 0 respond
Advertisment Single content advertisement top

Kebumen News (8 Agustus 2021)

Mahasiswa Unversitas Ma’arif Nahdatul Ulama Kebumen angkatan ke-4 melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik KKN yang akan dimulai serentak pada Rabu, 11 Agustus 2021. Terdapat 15 desa sasaran pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik KKN tahun 2021, salah satunya adalah Desa Peniron Kecamatan kebumen.

Lima mahasiswa dari UMNU Kebumen saat melaksanakan observasi lingkungan di desa Peniron menyasar di lokawisata Pikachu yang merupakan akronim dari Pinggir Kali Cungkup, adalah lokawisata hasil swadaya masyarakat. Mereka adalah Bayu Aji Saputra, Elsa Harma Putri, Sekar Ayu Wigunani, Siwi Dwi Hastuti dan Heri Is Junianto di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Umi Barokah, M.P. Saat observasi pada Kamis, 5 Agustus 2021 bertemu Taufik Hidayat S.Ag. yang merupakan ketua POKDARWIS desa peniron dan aktif dalam kegiatan pengembangan desa wisata.

“Lokawisata Pikachu merupakan tempat wisata berbasis edukasi yang harapannya dapat menjadi wadah masyarakat untuk berekreasi sekaligus belajar.” Tutur Taufik Hidayat santai.

Single content advertisement top

Mahasiwa Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik KKN UMNU Kebumen berharap dapat menyalurkan ilmu sesuai dengan bidang studi yang dikuasai. Program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa UMNU Kebumen adalah perawatan tempat wisata Pikachu dan Pelatihan Bahasa Inggris serta pelatihan teknologi Informatika berupa fotografi dan videografi mengingat pentingnya kedua pelatihan tersebut di era modern ini.

“Diharapkan setelah terlaksananya Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik KKN angkatan ke – 4 ini, masyarakat khususnya pemuda Desa Peniron dapat memiliki skill bahasa asing dan teknologi informatika guna turut serta memajukan dan mengembangkan lokawisata yang ada di Desa Peniron, khususnya lokawisata Pikachu.” Tutur Bayu, Ketua Kelompok KKN Peniron.

Selain fokus dalam pelatihan Bahasa Inggris dan Teknik Informatika, Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik KKN angkatan ke-4 desa Peniron juga fokus untuk melakukan perawatan lokawisata Pikachu. Salah satunya adalah pembuatan papan nama satwa dan tumbuhan yang ada di lokawisata Pikachu dengan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan juga bahasa Latin.

“Diharapkan dengan adanya papan nama satwa dan tumbuhan tersebut dapat mengedukasi masyarakat agar mengetahui dan lebih familiar dengan nama-nama satwa dan tubuhan dalam bahasa asing.” Tutur Siwi Dwi Hastuti peserta KKN Peniron yang mengambil prodi Bahasa Inggris.

Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik KKN ini diharapkan dapat menjadi wadah mahasiswa UMNU Kebumen dalam mengamalkan ilmu yang sudah didapat didalam perkuliahan sesuai dengan bidang studi yang dimiliki. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Ketua PCNU Kebumen KH. Dawamudin Serukan Warga Muslim Tanam Bidara

Tingkatkan Sarana Prasana, Universitas Putra Bangsa Bangun Gedung Terpadu

Related posts