8:06 pm - Sabtu Juli 31, 2021

Prihatin, Mahasiswa UMNU Galang Dana Untuk Korban Bencana NTT dan Malang

150 Viewed kebumenn 0 respond
Advertisment Single content advertisement top

Kebumen News (2 Mei 2021)

Bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia khususnya di Nusa Tenggara Tengah (NTT) dan Malang mengundang keprihatinan Mahasiswa Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen. Hal ini membuat mereka tergerak menggelar aksi Galang Dana untuk membantu korbam”,Tutur Siti Maskuroh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris selaku ketua pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa ide gagasan ini berawal bencana. Aksi ini dilakukan sekaligus mengetuk kepedulian masyarakat bertepatan bulan Ramadan. Sejak tanggal 19 s.d 30 April 2021 mahasisw turun langsung kepada masyarakat sekaligus menerima transfer dana bantuan melalui rekening)..

Sabtu, (1/5) dana terkumpul sebesar Rp. 4.200.000 dan langsung disalurkan melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim NU (LPBI NU) Kebumen. Dana diterima oleh Ketua LPBI NU Kebumen Muhsinun, S.H., M.E.I. perwakilan mahasiswa Siti Maskuroh, Amri, Inayah, Chintya Lili Saputri, Nurkhafifah, dan Muhammad Daud Yusuf. Turut hadir Dr. H. Imam Satibi, M.Pd.I. Selaku Rektor UMNU Kebumen.

Single content advertisement top

Siti Maskuroh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ketua pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa gagasan ini berawal dari keinginan Mahasiswa yang ingin melakukan hal-hal positif. Lalu gagasan ini dikordinir dalam bentuk kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana.

Mahasiswa melakukan aksi turun jalan melakukan penggalangan pada tanggal 25 dan 29 April 2021 di titik perempatan lampu merah seta menyisir beberapa tempat wisata di Kota Kebumen. Bantuan dana dapt jug melalui transfer ke Nomor Rekening. Penggalangam dana ditutup pada 30 April tepat pukul 00.00 WIB.

LPBI NU berterima kasih kepada Mahasiswa UMNU Kebumen yang telah melakukan penggalangan dana. Kehadiran LPBI NU di Kabupaten Kebumen sebagai lembaga penanggulangan bencana tentunya butuh banyak dukungan dari berbagai lini masyarakat yang salah satunya dari inisiasi Mahasiswa.

“Dana yang telah terkumpul nantinya akan kami serahkan kepada penerima melalui pola koordinasi dengan beberapa lembaga sosial kemanusiaan. Hal ini dilakukan supaya dana tepat sasaran”. Tutur Muhsinun, ketua LPBI NU Kab. Kebumen.

Ajang belajar berbagi

Dr. H. Imam Satibi, M.Pd.I. menjelaskan bahwa beramal di bulan yang barokah ini merupakan hal yang baik.

“Kami dari pimpinan memberi apresiasi tinggi kepada Organisasi Mahasiswa telah mengadakan penggalangan dana untuk para korban bencana yang membutuhkan. Kami sangat mendukung kegiatan sosial seperti ini, hal ini bisa dijadikan salah satu ajang pembentukan karakter Mahasiswa yang Moderat sesuai dengan Visi UMNU Kebumen yakni Setter Moderasi Nusantara”. Tutur Imam Satibi, Rektor Umnu Kebumen.

Kegiatan sosial semacam ini memberi pelajaran secara langsung bagi Mahasiswa dalam membantu sesama, hal ini membuat Mahasiswa tidak hanya berkutat pada keilmuan secara teoritis dalam perkuliahan namun melakukan pembelajaran terjun langsung kepada masyarakat sebagai pengabdian. Organisasi UMNU Kebumen merupakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa dari seluruh Program Studi diantaranya Himpunan Mahasiswa Pendidikan Olahraga (HIMAPOR), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (HIMABIG), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia (HIMABI), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (HIMAPAUD), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF), Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS), Himpuan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGROTEK), dan Himpunan Mahasiswa Peternakan (HIMAPROTER).

“Sedangkan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diantaranya UKM Mahasiswa Tadabhur Jelajah Alam (MATA JALA), UKM Bahasa (REVENEU), UKM Cinema (UMNU Kebumen Creative), UKM Olahraga,  UKM Keagamaan (Tanjizi), dan UKM Paduan Suara (Kridatama Choir).” Jabar Ari Susanto, SIP. Kepala UPT Perpustakaan dan Humas UMNU Kebumen. ±

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

KH. Masykur Rozaq Mantan Ketua PCNU Kebumen Tutup Usia

Pesan Kakankemenag Kebumen Untuk DPD MUKI Kebumen Yang Baru Dilantik

Related posts