8:53 pm - Minggu Juni 20, 2021

Agroteknologi UMNU Kebumen Torehkan Prestasi di Kancah Nasional

199 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News (21 Mei 2021)

 Kabar gembira bagi segenap Civitas Akademika Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen khususnya Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Peternakan, karena berhasil meraih prestasi yang sangat membanggakan di tingkat nasional di tahun 2021 ini yaitu lolos Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) dan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kabar gembira ini secara spontan membuat mahasiswa dan dosen dari Agroteknologi merasa bangga akan prestasi yang telah diraihnya karena mampu bersaing dengan mahasiswa dari Universitas lain di luar sana.  Program  Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) hanya meloloskan 537 usulan proposal dari 203 Universitas termasuk UMNU didalamnya.  Program  Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) yang lolos dari Agroteknologi mengangkat judul “Budidaya Tanaman Jambu Kristal” dengan diketuai oleh Nurul Arifin mahasiswa Prodi Agroteknologi semester 6. Arifin panggilan akrabnya memang sudah mempunyai usaha di bidang pertanian jambu kristal mulai bulan Agustus tahun 2018. Oleh karena itu atas saran dari Umi Barokah,S.P.,M.P. dosen pembimbing pada kegiatan ini untuk mengajukan Program  Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) tahun 2021 agar usaha budidaya tanaman jambu kristalnya makin lancar dan sukses sehingga bisa menjadikan usaha bisnis yang memberikan profit tinggi bagi mahasiswa. 

 Belum usai kegembiraan, segenap Civitas Akademika Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen khususnya Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Peternakan, meraih prestasi lagi di tingkat nasional yaitu lolos Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2021. Program Studi Agroteknologi UMNU Kebumen lewat Himpunan Mahasiswa Program Studi Agroteknologi (HIMAGROTEK) mengangkat judul “Optimalisasi Limbah Pertanian Menuju Kemandirian Pangan Desa Kenoyojayan,Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen”. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh dosen Agroteknologi UMNU Kebumen yaitu Umi Barokah,S.P.,M.P. dan diketuai oleh Eli Rofingatun mahasiswa Agroteknologi semester 6 dan timnya dari mahasiswa Agroteknologi semester 4 dan 2 yang berjumlah 15 orang. Kegiatan PHP2D ini mengangkat masalah dari sebuah limbah pertanian di desa Kenoyojayan yang sebelumnya menimbulkan masalah dan belum termanfaatkan untuk dapat diubah menjadi sebuah produk yang bermanfaat. Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) sebagai perwakilan dari sekolompok masayarakat desa yang ada di Desa sasaran kegiatan. Harapan dari kegiatan PHP2D ini nantinya adalah mahasiswa didampingi dosen pembimbing mampu memberikan solusi dari permasalahan di desa Kenoyojayan  yaitu limbah pertanian menjadi sebuah peluang desa tersebut mewujudkan kemandirian pangan warganya.  

Single content advertisement top

“Mahasiswa diharap harus selalu dapat berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah baik ditingkat lokal maupun nasional. Usaha semaksimal mungkin dengan selalu meminta pendampingan dari dosen, perkara hasil serahkan kepada Alloh.” Tutur Umi Barokah Kaprodi Agroteknologi UMNU Kebumen.

Umi Barokah ptimis Program Studi Agroteknologi mampu mengibarkan banyak prestasi lagi bagi UMNU Kebumen dan mampu berkiprah di kancah nasional dan membawa nama baik UMNU Kebumen. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

‘Mercon Njeblug’ Tewaskan 3 Remaja Ngabean Mirit Kebumen

Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen Terima Sertifikat ISO Dua Kategori Sekaligus

Related posts