Petani, Peternak dan Penyuluh Tani Distapang Antusias Ikuti Bimtek Perkebunan dan Peternakan

Tak Berkategori

Kebumen News (9 April 2021)

Bertempat di hotel Grafika, Kementerian Pertanian yang diwakilkan oleh Balai Besar Pengkajian Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah menggelar bimbingan teknis perkebunan dan peternakan di Kabupaten Kebumen. Peserta Bimtek ini adalah petani dan peternak serta penyuluh pertanian dan pusat kesehatan hewan (puskeswan) dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kebumen. Tema bimtek ini adalah bidang perkebunan dan peternakan yang ada di wilayah Kabupaten Kebumen. Bimtek merupakan serangkaian acara diseminasi inovasi teknologi
Peserta terlihat antusias dalam mengikuti bimtek ini seperti warna baju yang dipakai yaitu merah menggelora. Materi pertama bimtek dimulai dari budidaya tanaman kopi yang disampaikan oleh Budi Hartoyo dari BPTP Jawa Tengah. Ia menyampaikan tentang novasi teknologi budidaya kopi di Indonesia.

“Indonesia merupakan produsen kopi ketiga terbesar di dunia setelah Brasil dan Vietnam. Selain itu kopi juga merupakan salah satu sumber pemasukan devisa negara dan sumber pendapatan petani yang 96% kopi Indonesia diproduksi oleh perkebunan rakyat.” Tutur Budi Hartoyo saat memberikan materi.

Di kabupaten Kebumen sebagian besar budidaya kopi dilakukan pada perkebunan rakyat dan petani masih lebih suka menanam kopi lokal jenis kopi robusta. Pada bimtek ini narasumber menginformasikan peluang pasar kopi Indonesia, faktor yang mempengaruhi mutu kopi, teknologi budidaya kopi, panen dan pascapanen kopi. Karena yang dinikmati dari kopi adalah cita rasanya, sehingga bahan tanam, teknik budidaya dan penanganan pasca panen harus diperhatikan. Jika diperhatikan kualitas dan kuantitas hasil kopi menjadi lebih bermutu dan hasil melimpah sehingga hasil pendapatan yang diperoleh petani menjadi meningkat.

Pada kesempatan ini juga, Budi Hartoyo juga memberi materi tentang budidaya tanaman kelapa genjah entog.

“Tanaman kelapa genjah entog merupakan tanaman perkebunan unggulan milik Kabupaten Kebumen sehingga harapannya dapat dikembangkan dan dikelola oleh petani dengan baik sehingga nantinya dapat menambah penghasilan petani juga.” Tutur Budi Hartoyo.

Permasalahan budidaya tanaman kelapa genjah, mulai dari pengolahan tanah hingga pengendalian hama dan penyakit dikupas tuntas pada bimtek ini. Karena tanaman kelapa merupakan pohon kehidupan yang semua bagian tanamannya bermanfaat untuk kehidupan sebagai sumber pangan dan sumber energi terbarukan.
Materi tentabg sapi potong disampaikan oleh Pita Sudrajat, S.Pt.,M.Sc. Ia menyampaikan tentang pengelolaan dan pengolahan pakan sapi potong.

“Hal ini sangat penting bagi peserta bimtek karena masyarakat di kabupaten Kebumen banyak yang memiliki usaha ternak sapi namun belum semua mengetahui cara mengelola dan mengolah pakan ternaknya. Di mana pakan ternak merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan dalam ternak sapi.” Tutur Pita Sudrajat saat menyampaikan materi.

Pada bimtek ini, pembicara menyampaikan tentang konsep segitiga produksi mulai dari pembibitan, pakan dan manajemen agar produksi ternak sapi tinggi. Di Kebumen sumber pakan ternak melimpah sehingga harapannya dengan ilmu manajemen pengelolaan dan pengolahan pakan ternak ini dapat diimplemantasikan oleh petani sehingga mereka mampu membuat sendiri pakan ternaknya dan mampu meningkatkan usaha ternaknya.
Selain teori, bimtek ini peaerta melakukan praktek tentang teknik perbanyakan tanaman kopi dengan cara menyambung sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu dari tanaman kopi yang ada di Kebumen serta praktek membuat silase untuk pakan ternak.

Bimtek ini diharapkan meningkatkan ilmu dan keterampilan peserta yang terdiri dari petani dan penyuluh dalam bidang tanaman perkebunan. Khususnya tanaman kopi dan kelapa genjah serta peternakan dalam bidang pengelolaan dan pengolahan pakan ternaknya.
Hadir menutup acara bimtek ini Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Ir. H. Tri Haryono.

“Kami sangat berterimakasih kepada BBP2TP yang telah menyelenggarakan acara bimtek ini dan berharap kegiatan bimtek ini masih berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, peternak dan penyuluh pertanian di kabupaten Kebumen dan nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan petani. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.