Perkuat Manajemen, PCNU Kebumen Lakukan Akreditasi MWC

171 Viewed kebumenn
Advertisment Single content advertisement top

Kebumen News (19 Maret 2021)

Guna mewujudkan organisasi yang besar dan kuat menghadapi persaingan antar organisasi keagamaan PCNU Kebumen membuat terobosan akan melakukan akreditasi MWC Se Kab Kebumen. Hal ini disampaikan Ketua PCNU KH Dawamudin Masdar didampingi Gus Jamil dan Munajat usai memimpin rapat rutin NU di kantornya.
Menurut Pak Dawam Manajemen mutu organisasi saat ini menjadi keniscayaan bagi organisadi sebesar NU apabila ingin maju dan bermutu. NU sebagai organisasi basis atau kader yang tersebar sampai pelosok pelosok harus dibangun secara solid melalui penguatan organisasi di tingkatnya. Melalui akreditasi mutu organisasi diharapkan eksistensi dan peran NU ditingkat Kecamatan kinerjanya menjadi lebih terukur. Hal ini juga sebagai upaya mendukung menuju program 1 abad NU. Kata Dawamudin jangan sampai NU yang merupakan organisasi terbesar ini dalam status layamutu wala yahya atau kata lain posisinya tidak jelas diantara mati dan hidup. Insyaaloh akreditasi ini akan menjadi bagian cara strategis PCNU Kebumen dalam memberdayakan organisasi khususya MWC dan ranting. Menurut Munajat akreditasi pada dasarnya tidak hanya penting bagi organisasi profesional atau organisasi goverment. NU harus jemput bola jangan sampai kita terpapar dan tergerus arus digital dan revolusi industri 4.0 yang semakin canggih. Sumber daya NU sangat banyak dan mereka sangat care dengan progresivitas atau nahdloh. Selain itu Gus Jamil menyampaikan bahwa teknis akreditasi akan dibuat secara terbuka dan profesional.

Untuk itu PCNU Kebumen akan menggandeng dosen dosen IAINU dan UMNU sebagai tenaga expert dalam proses akreditasi organisasi mutu. Guna mendorong semangat dalam menata dan menyiapkan organisasi MWC selaku sasaran akan diberi status sertfikasi dan berhadiah. Teknis pedoman akreditasi akan di sosialisasikan pada saat safari ramadhan. Imam Satibi selaku rektor menyatakan siap membantu sepenuhnya dalam proses akreditasi jika diperlukan. Menurutya PCNU Kebumen telah melakukan 1 langkah lebih maju dalam penataan organisasi. Setidaknya ada 5 standar yang akan menjadi cakupan akreditasi 1. Leadership 2. Tata Kelola 3. Manajemen Aset dan finance 4. Kerjasama dan 5 Kaderisasi. 5 aspek ini menjadi perspektif yang mendasar dalam berorganasasi serta menjadi bagian yang yang sangat menentukan dalam membangun organisasi NU yang kuat berbasis kinerja atau performance.

Jika hal ini terealisasi tidak menutup kemungkinan PCNU akan menjadi percontohan atau best practice bagi rujukan mutu organisasi keagamaan di Indonesia. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Filed in

Tenaga Ahli Kemendes PDTT Kebumen, Dispermades P3A, Bintek Pendamping Desa Fasilitasi Pemutakhiran Data Berbasis SDGs.

Jelang Ramadhan, LDNU Kebumen Genjot Dakwah Virtual

Related posts