Pengurus dan Atlet Rugby Jateng Kunjungi UMNU, Berharap Jadikan Ikon

Tak Berkategori

Kebumen News (26 Maret 2021)

Ketua Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Ibnu Prasetyo Widiyono, M.Pd. menerima kunjungan Audiensi dan Soliasisasi Cabang Olahraga Rugby dari Persatuan Rugby Union Indonesia Jawa Tengah bertempat di Ruang Pertemuan UMNU Kebumen. 

Audiensi dan Sosialasisasi dilakukan secara luring/ tatap muka dengan menerapkan protocol covid-19. Hadir pada acar tersebut dari Pengurus KONI Kabupaten Kebumen, Struktural Kampus, Mahasiswa, dan Pengurus Cabang olahraga Rugby beserta beberapa atlet Rugby Jawa Tengah.

Hastri Firharmawan, M.Pd. Selaku Wakil Rektor II UMNU Kebumen menerangkan bahwa kehadiran Olahraga Rugby di Kebumen selatan dirasa masih tergolong relatif baru.

“Universitas sangat mendukung dengan kehadiran olahraga Rugby di Kebumen, dengan harapan Kampus UMNU Kebumen bisa menjadi icon dari olahraga ini. Serta besar harapan untuk kepengurusan olahraga Rugby di Kabupaten Kebumen keterlibatan aktif dari pihak kampus khususnya Program Studi Pendidikan Olahraga. Kemudian tugas Mahasiswa dengan kehadiran olahraga ini bisa ikut mensosialisasikan serta berpartisipasi aktif lebih luas kepada masyarakat” Jelas Hastri Firharmawan

Olahraga Rugby sendiri adalah permainan dengan bola sebagai objek utama dimana bola dijadikan pusat perebutan. Jadi dalam materi olahraga ini mempunyai teori teknis dan taktis, temasuk didalamnya teknik body contact dan tekel yang merupakan salah satu cara menutup bola dengan menjatuhkan lawan. Rugby sendiri sebenarnya memiliki kemiripan dengan American Football namun ada beberapa perbedaan dari segi seragam, body protector, serta bolanya.  Rugby saat ini menjadi olahraga popular yang sudah dibuktikan pertandingan di Asian Games 2018, Filipine, dan Olimpic Olimpiade International.  Prinsip utama dari permainan Rugby adalah keberlanjutan Tim atau permainan.

Perwakilan Koni Kabupaten Kebumen yakni Wakil ketua III Priyambodo BSc. menerangkan bahwa Olahraga Cabang Rugby benar-benar baru maka dengan adanya sosialisasi semacam ini sangatlah penting. Koni berharap segera membuat kepengurusan Rugby di Kebumen, karena ini berkaitan dengan legalitas keberadaannya serta untuk bisa memberi fasilitas yang baik sesuai dengan kebutuhan. 

Imron Nugroho Saputro, M.Pd. Pengurus Rugby Jawa Tengah mengemban tugas untuk menyampaikan materi serta sambutan. Dalam sambutannya menjelaskan bahwa menyampaikan pesan dari Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Rugby Jawa Tengah yakni Bapak Anang Waskito berkomitmen mengembangkan olahraga Rugby di jawa Tengah, serta siap memfasilitasi dengan memberikan bola rugby dengan syarat mengirimkan Surat Keputusan (SK) melalui Koni kemudian ke Pengprov Jawa Tengah. Nantinya Pengprov Jawa Tengah akan mengembalikan SK tersebut beserta Bola. Itu salah satu bentuk komitmen untuk memajukan cabang olahraga rugby di kebumen. Untuk dari segi pembinaan jika nantinya mahasiswa atau dosen menghendaki untuk membela kabupaten kebumen, dari pemprov Rugby akan siap langsung hadir di kebumen untuk memberikan materi secara menyeluruh tentang olahraga Rugby.

“Pada acara tersebut juga dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen dengan Pengurus Provinsi Jawa Tengah Cabang Olahraga Rugby. Kesepakatan mengenai kepelatihan, Informasi, Sarana Prasarana, dan juga Pengembangan Atlet.” Tutur Ari Susanto, SIP. Kepala UPT Perpustakaan dan Humas UMNU Kebumen.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.