Kreatifitas dan Dedikasi Guru, Bidang Garap PGRI Kebumen Setahun ke Depan

Tak Berkategori

Kebumen News (27 Maret 2021)

DPD Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Menggelar Konferensi Kerja Tahun Kedua Masa Bakti XXII PGRI Kabupaten Kebumen. Kokerkab ini tergolong palibg cepat pelaksanaannya di Jawa Tengah.

Mengusung tema “Kreatifitas dan Dedikasi Guru untuk Indonesia Maju” telah berlangsung pada hari Sabtu, 27 Maret 2021 di Aula Gedung PGRI Jl. Kaswari 32 Kebumen.
Kegiatan Konkekab PGRI tersebut dihadiri Pengurus PGRI Provinsi Jawa Tengah, Pengurus dan Organisasi Sayap PGRI Kabupaten Kebumen, Ketua dan Sekretaris dari 28 Cabang PGRI se- Kabupaten Kebumen.

Meski Konkerkab dilaksanakan sederhana, peserta terbatas, dan menerapkan protokol kesehatan, semangat dan antusiasme para peserta sangat luar biasa dalam mengikuti acara demi acara. Secara garis besar, acara Konkerkab PGRI Kabupaten Kebumen dimulai dari Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PGRI,
Doa, Ikrar Guru Indonesia, Laporan Panitia, Sambutan, Sidang Pleno, Sidang Komisi, dan Penutup. Konkerkab PGRI sebenarnya adalah satu bentuk kegiatan tahunan PGRI untuk mengevaluasi program kerja dan pelaksanaan kegiatan PGRI satu tahun sebelumnya serta menetapkan program kerja tahun berikutnya di hadapan peserta perwakilan dari seluruh anggota PGRI.

Agus Sunaryo, Ketua PGRI Kabupaten Kebumen dalam sambutannya mengatakan “Bersyukur Konkerkab tahun kedua dapat dilaksanakan lebih cepat setelah Konkerprov. Tahun lalu, Konkerkab tahun pertama tidak dapat dilaksanakan dikarenakan kepengurusan PGRI Kabupaten baru terbentuk dan adanya pandemi covid-19.”
Selanjutnya, disampaikan pentingnya tema Konkerkab tahun ini yakni perpaduan dua unsur yang tidak terpisahkan antara kreatifitas dan dedikasi guru untuk Indonesia maju. Berikutnya, disampaikan pula bahwa PGRI Kabupaten Kebumen telah berperan nyata untuk para guru pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Kebumen dengan dilaksanakannya beberapa kali Bimtek Daring yang membantu para guru dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Peserta Bimtek Daring mencapai 6000-an guru dari Sabang sampai Merauke termasuk guru yang berada di luar negeri.

Pada kesempatan berikutnya, Bunyamin, Wakil Ketua Pengurus PGRI Provinsi Jawa Tengah dalam kata sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PGRI Kabupaten Kebumen dengan respon cepatnya dalam melaksanakan Konkerkab, padahal Konkerprov baru dilaksanakan beberapa waktu lalu.
Selain itu, beliau juga berpesan secara khusus kepada para pengurus PGRI Kabupaten Kebumen dan seluruh anggotanya di antaranya (1) PGRI harus berdampingan dengan pemerintah; (2) organisasi PGRI agar diurusi bersama; (3) bekerja profesional meliputi memahami perundang-undangan yang berlaku, menghormati atasan, berkarya bersama teman sejawatnya, dan menghargai tempat kerjanya; (4) membekali ASN non PNS dalam seleksi P3K dan CPNS yang sungguh sangat berarti; dan (5) menghargai organisasi PGRI.

Pada sidang Pleno Konkerkab disepakati dan disetujui oleh para peserta mengenai kehadiran peserta yang 100% dan tata tertib sidang, laporan pertanggungjawaban pengurus baik kegiatan maupun keuangan, dan program kerja tahun 2021.
Pada pandangan umum Sidang Pleno, para peserta cukup banyak yang mengajukan pertanyaan maupun tanggapan terkait laporan pertanggungjawaban pengurus. Kemudian pengurus menjawab seluruh pertanyaan dan tanggapan para peserta, menyepakati solusi, dan merevisi kekurangannya.

Setelah Sidang Pleno selesai, acara dilanjutkan Sidang Komisi yang membahas program kerja PGRI Kabupaten Kebumen tahun 2021 dan pada akhir sidang ditetapkan secara bulat program kerja tersebut.

Semoga dengan suksesnya pelaksanaan Konkerkab tersebut, PGRI semakin bermanfaat bagi para anggotanya dan membawa kemajuan pendidikan di Kabupaten Kebumen khususnya serta bangsa dan negara Indonesia.
(Gie/Kn.01)

https://www.facebook.com/groups/145196206218424/permalink/1023865685018134/
Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.