7:35 pm - Jumat Januari 22, 2021

Laksanakan KKN Daring Lyana Dampingi Pembelajaran Daring

65 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News (30 Desember 2020)

Umumnya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan dengan turun langsung ke masyarakat. Tetapi berbeda pada tahun 2020 ini. Sejak awal tahun 2020 terjadi wabah virus COVID-19. Wabah ini merajalela hingga seluruh penjuru mewariskan kepanikan dan kondisi gawat darurat. Penyebaran virus COVID-19 ini mengalami peningkatan dari yang awal penyebaran hanya dikota-kota besar kini merambah hingga ke pedesaan. Hal ini memaksa pemerintah mengintruksikan kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada akan adanya virus tersebut. 

Karena COVID-19 ini menjadikan Kuliah Kerja Nyata (KKN), sebagai salah satu mata kuliah pengabdian pada masyarakat dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kondisi saat ini. Oleh sebab itu, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), mengemas program KKN menjadi sedikit berbeda yaitu dilaksanakan secara individu serta daring/online di daerah masing-masing.  

Liyana Fadila, salah seorang mahasiswi UPI yang melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) atas bimbingan ibu Jojor Renta Maranatha, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sedang melaksanakan KKN selama 30 hari dari tanggal 17 November – 17 Desember 2020. Dan ini adalah KKN Tematik gelombang dua setelah KKN Tematik gelombang satu yang diadakan pada sekitar bulan Mei – Juni 2020. Selama KKN mahasiswa UPI ini membawa misi untuk membantu para guru mensukseskan pembelajaran daring. Khususnya bagi siswa sekolah dasar. Pasalnya, tidak sedikit guru-guru SD di beberapa daerah di Kabupaten Kebumen mengalami kesulitan untuk menggelar pembelajaran daring. Melihat hal itu, mahasiswa UPI hadir membawa inovasi untuk mempermudah proses pembelajaran daring. 

Salah satu guru SDN 2 Pringtutul, Kec. Rowokele, Siti Khaniroh menjelaskan bahwa adanya mahasiswa UPI dalam membantu proses pembelajaran sangat  dirasakan manfaatnya. Ibu Siti menuturkan, adanya mahasiswa KKN itu membantu guru diantaranya membuat media pembelajaran, membantu membuat RPP, hingga mendampingi orang tua dan siswa selama belajar online. Dari berbagai kegiatan, lanjut ibu Siti, yang paling menyita perhatian adalah program pembuatan video pembelajaran berisi materi-materi yang sedang dibahas. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa dalam proses pembelajaran daring, karena siswa menjadi bersemangat dalam belajar. Tak hanya itu, para mahasiswa UPI juga diketahui aktif sosialisasi pencehagan covid-19 dilingkungan masyarakat sekitar maupun di berbagai media sosial. (Liyana Fadilah)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Fuad Hasyim Terpilih Kembali Sebagai Ketua Tanfidiyah MWC Klirong

Kemenag Kebumen Lantik Pejabat Baru

Related posts