8:48 pm - Jumat Januari 22, 2021

JPPR Kebumen : Himbau Bawaslu Untuk Lebih Maksimal

49 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News (10 Desember 2020) Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kebumen menghimbau Badan Pengawas Pemilu 2020 harus lebih maksimal dalam mengawal proses demokrasi samapai adanya penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen periode 2021-2024. Walaupun secara rekapitulasi penghitungan suara sementara menunjukan Cabup dan Cawabup Pasangan Arif Rista memperoleh suara 25.787 suara (58 persen) dan kotak kosong 17.440 suara (39 persen) sedangkan suara tidak sah sebanyak 1.413 suara (3 persen).
Agus Suroso selaku ketua JPPR Kebumen menghimbau Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) untuk lebih maksimal dalam melakukan pengawasan, walaupun pemungutan suara di tiap-tiap TPS se-Kabupaten Kebumen sudah usai, namun masih ada tahapan-tahapan berikutnya, yakni penghitungan di Kecamatan dan di KPU Kabupaten.
Agus menambahkan, selain menjadi pengawas pemilu BAWASLU memiliki perangan ganda dalam kondisi pandemi. sebab, Panwaslu harus mampu menyeimbangkan antara tugas pengawasan dan memastikan protokol kesehatan di PILKADA 2020.
Menurutnya, selain substansi elektoral, panwaslu juga harus mengawasi penerapan protokol kesehatan. sebab, keduanya sama-sama penting. Panwaslu harus mampu menyelesaikan permasalahan yang ada dilapangan (problem solving), bukan malah menjadi trouble maker.
Diakui ataupun tidak, BAWASLU di setiap tingkatan memiliki kewenangan yang tidak dimiliki oleh KPU sebagai penyelenggara. Yakni, menentukan sebuah surat suara sah atau tidak, sehingga dibutuhkan kualifikasi yang mumpuni. Selanjutnya Bawaslu harus memastikan tidak ada money politik uang di proses PILKADA Kebumen yang diselenggarakan tepat di HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

NU dan Partai Moncong Putih Motor Utama Kemenangan Arif-Rista

Ahmad Panggih Ditemukan Tak Bernyawa Di Sumur

Related posts