3:42 am - Rabu Desember 2, 2020

Pemkab Tak Berwenang Di Wilayah Perguruan Tinggi

259 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News (7/9/2020)

Rencana kerjasama Pemkab Kebumen dengan UNS diprotes keras oleh Rektor di perguruan tinggi swasta Kebumen. Di antaranya adalah Dr. Imam Satibi, M.Pd.I Rektor IAINU Kebumen karena berpotensi menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Imam Satibi menyatakan perguruan tinggi secara regulasi bukan menjadi domain kewenangan pemerintah daerah melainkan pemerintah pusat. Secara yuridis Pemkab hanya memiliki kewenangan pendidikan dasar yakni SD dan SMP kecuali SD/SMP SLB yang menjadi kewenangan pemerintah propinsi dengan jenjang SLTA.

Berkaitan dengan rencana mendorong salah satu PTN itu tidak salah, tapi perlu diingat bahwa itu bukan kewenangan daerah seharusya. Jika pemerintah daerah Kebumen ingin mendorong layanan perguruan tinggi seharusya bersikap adil dan tidak memberikan hak-hak khusus pada perguruan tinggi tertentu.

Berdasarkan UU No 12 tahun 2012 telah diatur secara rijit tentang penyelenggaraan pendidikan negeri maupun oleh badan hukum masyarakat. Undang-undang ini sangat menjunjung tinggi prinsip keadilan dalam tata kelola pendidikan tinggi. Masyarakat tidak boleh dibodohi dengan dalih-dalih pentingnya pengembangan kawasan ekonomi dan hak-hak masyarakat. Jangan sampai dengan dalih hak-hak sipil justru mencedarai hak masyarakat dalam membantu mencerdaskan bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi.

“Selagi pemerintah daerah bisa bersikap adil menurut saya ga ada masalah. Jangan sampai di kemudian hari juga menuntut alumninya diperlakukan secara khusus dengan dalih negeri.” Tutur Imam Satibi.

Hal ini menurutnya akan kembali kepada nalar pemerintahan orde baru. Egalitarian pemkab dalam mendorong pendidikan tinggi yang telah ada di Kebumen termasuk UNS dengan cara diskriminatif dan membuat kecemburuan. Alangkah baiknya kalau pemkab di akhir masa jabatan lebih fokus capaian kinerja yang dimandatkan dalam RPJMD di antaranya adalah tentang mutu pendidikan dasar dan pengentasan kemiskinan agar lebih fokus dan terukur.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Diumumkan, Inilah Para Peraih Legislatif Award

Fasilitasi UNS Pakai RSUD Lama Dinilai Tak Elok dan Tak Etis

Related posts