4:20 am - Rabu Desember 2, 2020

Fasilitasi UNS Pakai RSUD Lama Dinilai Tak Elok dan Tak Etis

279 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News (10/9/2020)

Rencana Pemkab Kebumen untuk memberikan fasilitas bekas RSUD lama kepada UNS dinilai M. Baehaqi SE. MM Direktur Akademi Komunitas Al Kahfi Somalangu dan Dosen Serta Mantan Ketua STIE Putra Bangsa tidak elok dan tidak etis. Seyogyanya Pemerintah Daerah mempertimbangkan aspek nilai-nilai kearifan lokal. Apapun bentuknya peran perguruan tinggi lokal di Kebumen yang ada saat ini telah banyak berkontribusi besar dalam pengembangan sumber daya daerah Kebumen.

“Tidak elok dan etis kalau semangat kerjasama itu tanpa mempertimbangkan peran perguruan tinggi lokal bahkan cenderung akan meminggirkan”. Tutur Baehaqi santai.

Kalau semangat yang dilakukan adalah kepentingan efek domino ekonomi sekitar menurutnya itu kebijakan yang paradoks. Selain itu kebijakan daerah sangat dimungkinkan akan menimbukan dikotomi-dikotomi baru terhadap pelayanan Pemerintah daerah kepada perguruan tinggi. Hal ini tentunya mencederai nilai nilai kebijakan publik.

Baihaqi menilai Kehadiran UNS lebih memperkeruh segmentasi pasar, dipastikan bahwa UNS hadir sebagai cabang yang semuanya dikendalikan dari Surakarta sebagai kampus induk. “Keterserapan dan partisipasi masyarakat Kebumen untuk diakomodasi dalam sumber daya dosen dan lainya akan sangat tertutup. Kebumen cenderung hanya akan dijadikan obyek pasar dan tidak punya keterlibatan strategis.” Sambung Baehaqi.

Kalau memang pemerintah daerah serius pada penggarapan SDM hal ini menjadi langkah yang kurang strategis. Pemkab Kebumen perlu memberi bobot stratejik terhadap keterlibatan sumberdaya lokal dalam jangka panjang. Sehingga akan menjaga eksistensi perguruan tinggi lokal di antaranya dengan tidak menciptakan kebijakan yang kontraproduktif. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Pemkab Tak Berwenang Di Wilayah Perguruan Tinggi

Gebyag Suran Ebeg Wahyu Turonggo Mudo

Related posts