7:35 am - Rabu Juni 3, 2020

Alami Gejala Sesak Nafas Warga Bumirejo Dijemput Dengan Protap Penanganan Covid-19.

145 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News (19/4/20)

Seorang nenek berusia 70 tahun di desa Bumirejo dijemput menggunakan Protap Covid-19 setelah kedatangan cucu dari Singapura. Penjemputan ini dilakukan lantaran nenek ini tak kunjung sembuh sesak nafasnya.

Berawal pada tanggal 23 Maret 2020 dari seorang Ibu yang bernama Jasmin yang tinggal di RT 4 RW 2 kelurahan Bumirejo, didatangi keponakan berinisial ENS (35 tahun), yang diketahui baru pulang dari Singapura. ENS sudah melaksanakan protap pendatang, yaitu melaporkan diri kepada Satuan Tugas (Satgas) Kelurahan dan memeriksanakan diri ke puskesmas.
Dari Tim Satgas Penanganan Covid 19 Kelurahan Bumirejo juga sudah melakukan himbauan agar yang bersangkutan melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Dan sampai batas waktu karantina, yang bersangkutan memang tidak keluar rumah yang berarti telah melakukan karantina mandiri. Yang bersangkutan juga sudah melaporkan diri kepada satgas bahwa kondisinya sehat tanpa ada keluhan sakit apapun.
Beberapa hari setelah masa karantina terlewati, ada anggota keluarganya yaitu ibu dari Jasmin yang bernama Mbah S (usia sekitar 70 tahun) mengeluhkan gejala sesak nafas, kemudian dibawa ke Puskesmas untuk diperiksakan kondisinya. Dari pihak puskesmas sudah menyarankan untuk langsung di bawa ke Rumah sakit, namun Bu Jasmin belum merespon dengan alasan kondisi yang repot. Dan sampai hari ini mbah S masih mengalami sesak nafas.
Di samping Nenek itu, di dalam rumah tersebut juga ada anak dari Jasmine, yaitu NW (usia 18 tahun) yang mengalami panas yang belum turun juga, sejak hari Rabu tanggal 15 April 2020, anak tersebut sudah dibawa ke dokter dan minum obat tapi belum ada perubahan, meskipun obatnya sudah habis.
Langkah yang diambil satgas adalah berkoordinasi dengan puskesmas dan PSC Dinkes Kabupaten Kebumen. Hasil koordinasi, meskipun belum diketahui status pasien (positif atau negative covid), kedua warga tersebut harus dibawa ke RS rujukan, dengan protap penanganan corona.
Jam 13.00 telah dilakukan evakuasi terhadap 2 warga tersebut ke pku Gombong, untuk dilakukan perawatan sebagai mana mestinya. Mari kita doakan semoga yang bersangkutan tetap dalam kondisi sehat dan mudah-mudahan bukan karena virus covid-19, aamiin.

Mengamati hal tersebut, dihimbau kepada seluruh warga, khususnya para pendatang yang berada di wilayah Kelurahan Bumirejo, untuk bersama-sama berupaya mencegah penyebaran virus covid-19 di wilayah sendiri. Salah satunya dengan mematuhi aturan kedatangan. Apabila anda/anggota keluarga anda/tetangga, baru datang dari luar kota / negara lain, segera laporkan ke satgas melalui ketua RT atau RW.

Lakukan karantina mandiri di rumah, dengan tetap menjaga jarak (physical distancing) di dalam rumah dan gunakan masker, minimal 14 hari. Hindari kontak fisik dengan anggota keluarga yang lain.

Apabila pendatang atau pun penghuni rumah merasakan ada keluhan kesehatan berupa sesak napas/demam/batuk/sakit tenggorokan, segera periksa ke puskesmas dan laksanakan apa yang disarankan oleh dokter.

Beberapa kejadian, orang yang membawa (carrier) virus, merasa dirinya sehat, namun apabila virus tersebut menempel dan menginfeksi orang lain yang daya tahan tubuhnya rendah, maka virus akan berkembang dan akan menjadi sumber bencana. Jadilah pendatang yang bijaksana, demi kemaslahatan bersama.
Semoga seluruh masyarakat yang berada di Kelurahan Bumirejo dan umumnya Kebumen serta Indonesia segera terbebas dari virus Covid-19, (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hari Ini Positif Covid Bertambah 1 dan Sembuh 2

Pasien-Pasien Positif Covid-19 Yang Dirawat Di Kebumen

Related posts