8:35 pm - Senin Maret 30, 2020

Mahasiswa FEBI siap magang (KKL) di OJK Republik Indonesia. (Company Visit 2020)

142 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News (23/2/2020)

Mahasiswa Program Studi S1 Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen kemarin tgl 18-20 Februari 2020 melakukan kegiatan company visit ke beberapa tempat di Jakarta salah satunya ke Kantor PBNU Jakarta.

Mahasiswa belajar program kemandirian NU yang disampaikan oleh Wasekjend PBNU (K.Suwandi). Gerakan kemandirian di NU sebenarnya sudah dilakukan sebelum NU sendiri itu didirikan yakni melalui gerakan Nahdlatul Tujjar yang dilakukan oleh para ulama Nusantara. Kemudian pada Munas Alim Ulama di Jombang kembali dikuatkan dengan gerakan kemandirian NU diantaranya adalah gerakan Koin NU.

Gerakan kemandirian NU menjadi sangat penting untuk digalakkan oleh NU karena kita tahu bersama bahwa di negara kesatuan republik indonesia ini umat NU yang mayoritas. Maka NU secara organisasi sudah seharusnya mengambil gerakan ini ketika masyarakat bisa mandiri dibidang ekonomi, diharapkan organisasinya dan negaranya juga akan menjadi lebih kokoh/kuat.

Selain Sekretaris PBNU, mahasiswa siterima oleh Sekjend Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI NU) PBNU Ny. Yayah Ruchyati yg memiliki program Bank Sampah Nusantara (BSN). Mahasiswa pun berkunjung melihat langsung proses pengolahan sampah di kantor BSN dari sampah plastik diolah menjadi ecobrick, dari sampah kertas menjadi berbagai macam lukisan dan dihiasan dinding, dari sampah kayu dibuat menjadi berbagai macam kerajinan seperti bingkai, tempat rokok dan berbagai macam jenis pengolahan sampah lainnya.

Selain itu kunjungan juga diterima oleh Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) PBNU yakni K. Mahmud.

Selain ke PBNU mahasiswa Febi juga belajar di PT. Bursa Efek Indonesia. Di kantor BEI mahasiswa mendapatkan edukasi dan motivasi tentang investasi di pasar modal melalui saham dan obligasi/sukuk. Selain itu juga mahasiswa di ajak bermain game tentang pasar modal oleh Departemen Edukasi dan Pengembangan.

Tujuan ketiga adalah Pondok Pesantren Darul Uchwah Kedoya Jakarta Barat. Mahasiswa beserta dosen melakukan sarasehan bersama dengan pengurus (dewan asatidz/asatidzah) pon pes darul uchwah dan juga para santri.

Ustadz Nurul Huda menyampaikan bahwa Pon Pes ini di asuh oleh beliau Dr. KH. Marsudi Syuhud melalui proses yang sangat panjang. Ustadz nurul huda memaparkan tentang success story pondok pesantren yg di bangun oleh pengasuh dan beberapa success story yg dilakukan beberapa santrinya misal dibidang pertanian. Selain itu di pon pes ini santri diajarkan mengembangkan kewirausahaan. Beberapa usaha yang dimiliki pesantren : Bank, Koperasi, Perguruan tinggi, dan beberapa usaha lainnya. Pon Pes ini selalu menjaga dan menerapkan prinsip tawasuthiah yg menjadi prinsip bagi paham Ahlussunnah Wal-jama’ah An-Nahdliyyah baik dibidang ekonomi, maupun lainnya. Pon pes ini juga menjunjung toleransi, beberapa waktu lalu ada santri yang dari non muslim. Calon pastoor beberapa pekan sengaja belajar dinpon pes ini secara khusus dengan pengasuh.

Tujuan ke empat adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di sini mahasiswa mendapatkan pembelajaran khusus dari Direktorat IKNB mengenai Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah. Diantara produk IKNB adalah: Asuransi, Dana Pensiun, pegadaian, Lembaga keuangan khusus, Institusi penjamin pembiayaan Modal ventur.

Moh. Amin (Direktorat IKNB Syariah OJK) menyambut baik maksud dari mahasiswa FEBI IAINU Kebumen untuk belajar literasi di OJK. Saya melihat antusiasme dari mahasiswa sangat tinggi. Kami juga siap di undang/hadir ke kampus IAINU Kebumen jika dibutuhkan. Terlebih OJK sudah memiliki kerjasama/MoU dengan FEBI IAINU Kebumen dan kami dari OJK juga mempersilahkan kepada mahasiswa FEBI IAINU Kebumen yg mau magang di OJK.

Rektor IAINU Kebumen (Dr. H. Imam Satibi, M.Pd) melalui Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Fikria Najitama, M.S.I.) dalam sambutannya menyampaikan bahwa IAINU Kebumen menyambut baik atas dukungan pihak OJK kepada IAINU Kebumen yg telah menerima mahasiswa, memberikan ruang untuk magang, dan mendorong peningkatan literasi untuk mahasiswa. Lebih lanjut fikria menyampaikan bahwa IAINU Kebumen sebagai kampus yang “Virtual, Cakap Bersahaja” memandang penting kegiatan ini bagi mahasiswa FEBI karena mahasiswa diajak melihat dan mendengar secara langsung dari para expert dibidangnya sehingga mahasiswa memiliki wawasan yang lebih luas lagi di bidang ekonomi dan lembaga keuangan.

Dekan FEBI IAINU Kebumen juga menambahkan bahwa kunjungan kali ini agak berbeda dengan kunjungan tahun sebelumnya, karena tahun ini mahasiswa kami ajak juga berkunjung ke pesantren ekonomi (Darul Uchwah) dan kami ajak mahasiswa untuk mengenal industri keuangan non bank (IKNB) di kantor OJK. Kunjungan ini juga diikuti oleh kaprodi dan beberapa dosen di lingkungan FEBI IAINU Kebumen. Selain itu company visit tahun ini kami mengajak sekolah mitra yg memiliki program akutansi dan perbankan syariah yakni dari kepala SMK Maarif 4 Kebumen, kepala SMK Maarif 5 Gombong, dan kepala SMK Maarif 9 Klirong. (kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
4/5 - 1
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Ditinggal Ke Ibukota, Rumah dilalap Si Jago Merah

Membongkar Wacana “peta minute” Urutsewu

Related posts