8:54 am - Kamis Juli 16, 2020

Nguri-Nguri Budaya, Mahasiswa KKN IAINU Selenggarakan Festival Jamjaneng

261 Viewed Khas 0 respond

Kebumen. (Kebumennews.com), — Mahasiswa KKN IAINU Kebumen Desa Kedungwaru berhasil selenggarakan Festival Jamjaneng dengan meriah pada Rabu (22/01/2020).

Sebanyak 8 Grup Jamjaneng Se-Kecamatan Karangsambung hadir mengikuti lomba Jamjaneng bekerjasama dengan lembaga keorganisasian Nahdlatul Ulama ditingkat Ranting dan Cabang Kabupaten Kebumen.

Camat Karangsambung R. Nurdin Santoso menyampaikan sambutan sekaligus membuka Festival Jamjaneng Kedungwaru sekitar jam 09.00 siang di GOR Serbaguna Desa Kedungwaru.

Beliau menyampaikan bahwa Jamjaneng adalah kebudayaan asli Kebumen yang dulunya dimainkan oleh Sunan Kalijaga. Menurutnya, pemain Jamjaneng harus lahir dan batin.

“Pemain Jamjaneng itu harus lahir dan batin. Misalnya jika sudah masuk waktu jam 12 siang, waktunya sholat ya harus sholat. Jangan malah tidak sholat,” ungkapnya.

Sementara itu, Panitia Festival Jamjaneng Muhammad Khasbi menyampaikan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk nguri-nguri budaya asli Kabupaten Kebumen dan juga menjalin silaturahmi antar Grup Jamjaneng Se-Kecamatan Karangsambung.

Muhammad Khasbi berharap dengan adanya Festival Jamjaneng ini, generasi muda di zaman Milenial sadar dengan kebudayaan asli yang dimilikinya sehingga Jamjaneng akan bisa diterima di kalangan muda-mudi.

Salah satu peserta Festival Jamjaneng dari Desa Widoro, Mudjahid yang juga Ketua Dua Paguyuban Kesenian Tradisional Shalawat Jamjaneng Kebumen (Pastrajakeb), mengapresiasi kegiatan ini.

“Secara umum sudah cukup baik walau masih ada sedikit kekurangan. Yang pasti kami sangat memberikan apresiasi atas kepedulian generasi muda terhadap budaya dan seni islami, khusus yang asli Kebumen ini. Kami Komunitas Jamjaneng sangat bangga dan berterimakasih atas event kali ini,” jelasnya.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Meriah! Mahasiswa KKN IAINU Kebumen Selenggarakan Festival Widoro

Hari Gizi Nasional, PMII Selenggarakan Sinau Kesehatan

Related posts