5:48 pm - Selasa Juli 7, 2020

Tanam Nilai Keseimbangan Alam, KKN IAINU Ajak Santri TPQ Tanam Bibit Pohon Di Bantaran Sungai Luk Ulo

407 Viewed Khas 0 respond

Kebumen, (Kebumennews.com) — Minggu, 29 Desember 2019. Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen Desa Kedungwaru Kecamatan Karangsambung mengadakan tanam bibit pohon di sepanjang bantaran sungai Luk Ulo bersama puluhan santri TPQ Desa Kedungwaru.

Fadlun, Ketua KKN IAINU Desa Kedungwaru mengatakan bahwa penanaman bibit bertujuan untuk melakukan penghijauan di sepanjang bantaran sungai. Lebih lanjut dia mengatakan tujuan yang lebih penting selain penghijauan adalah pencegahan kerusakan lingkungan akibat erosi.

Sementara itu, menurut informasi yang didapatkan dari pihak pemerintah desa Kedungwaru, sudah pernah ada dua rumah yang harus pindah dari pinggiran sungai untuk mencari tempat yang lebih aman. Faktornya adalah karena bantaran sungai ambrol, sehingga membahayakan penduduk desa.

“Kami sangat mendukung upaya mahasiswa KKN IAINU ini. Selain itu, sekarang juga sudah masuk musim penghujan, biasanya volume air akan naik. Jadi, sangat tepat jika upaya-upaya pencegahan semacam ini mulai dilakukan,” ucap Supraptono Kepala Desa Kedungwaru.

Adapun bibit pohon yang ditanam oleh Tim KKN IAINU berjumlah sekitar 580 buah. Masing-masing terdiri dari jenis bibit pohon Jati, Albasia, Mahoni dan Sirsak.

Tim KKN IAINU berharap upaya penanaman bibit pohon ini akan membuat keseimbangan alam terjaga. Terlebih lagi, menjaga alam adalah kewajiban manusia atas karunia Tuhan kepada manusia.

“Keseimbangan antara alam, manusia dan Tuhan sebenarnya adalah ajaran Islam itu sendiri. Kami sangat menjunjung tinggi nila dasar pergerakan ini. Bahkan, iman, islam dan ihsan sebenarnya juga dititikberatkan pada keseimbangan. Alam harus dijaga oleh manusia, sebab alam adalah titipan Allah SWT,” tegas Fadlun.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Menantikan Panggung KVO Berikutnya

Gara-gara Korslet POM mini Terbakar

Related posts