4:58 pm - Selasa Juli 7, 2020

HAB Kemenag Gelar Pengabdian Masyarakat di Peniron

278 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News (23/12/2019)

Hari Amal Bhakti (HAB) yang ke 74 Kantor Kementerian Agama tahun 2020 mengambil tema besar “Umat Rukun Indonesia Maju”. Pada bidang Pengabdian Masyarakat, Panitia HAB Tahun 2020 Kankemenag Kabupaten Kebumen, melaksanakan kegiatan di 2 lokasi, yaitu Pengobatan gratis, bekerja sama dengan PKU Muhammadiyah Sruweng, dilaksanakan di Desa Peniron Kecamatan Pejagoan Selasa, 24 Desember 2020, sebanyak 200 orang dapat ditangani. Kegiatan ini didukung oleh masyarakat secara penuh, Forkompimcam Pejagoan, seluruh Perangkat Desa Peniron dan para tokoh masyarakat maupun tokoh keagamaan setempat terlibat dalam kegiatan ini.

Selain itu Ruqyah massal, bekerja sama dengan JRA (Jam’iyyah Ruqyah Aswaja) sayap kedua PCLDNU Cabang Kabupaten Kebumen, yang akan dilaksanakan besok pada hari Kamis, 26 Desember 2020 di Desa Karangsambung, Kecamatan Karangsambung, tepatnya dipusatkan di Masjid Al Ittihad Desa Karangsambung.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, dikoordinasi oleh FKPAI (Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam Non PNS) Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen bersinergi dengan Panitia HAB 2020 Bidang Pengabdian Masyarakat.

Camat Pejagoan diwakili oleh Kasi Pelayanan Umum dan Kesejahteraan Sosial (PU KESOS) Kecamatan Pejagoan HA. Badri, B.Sc. Kapolsek Pejagoan diwakili oleh H. Parsiman, unsur Pemerintahan Desa dan seluruh Lembaganya. Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen diwakili Penyelenggara Syari’ah Teguh Sriyantoro, S.Ag, M.PdI.

Camat Pejagoan menyampaikan dalam sambutan tertulisnya bahwa masyarakat perlu waspada penyakit menular dan penyakit tidak menular, stunting dan bahayanya, diversifikasi makanan. Perhatian Pemerintah terhadap Pendidikan keagamaan dan perangkatnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen mengucapkan terima kasih kepada Semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Pengabdian Masyarakat Panitia HAB 2020 antara lain PKU Muhammadiyah Sruweng, Forkompimcam Pejagoan, Pemerintah Desa Peniron Pejagoan, FKPAI Pejagoan, Pokjaluh Kabupaten Kebumen dan seluruh masyarakat Peniron Pejagoan.

Tujuan umum kegiatan ini agar seluruh masyarakat sehat jasmani dan rohani

FKPAI dan PAIF Kankemenag Kabupaten Kebumen sebagai ujung tombak dan ujung tombok di masyarakat, merupakan jembatan penghubung antara program Kantor dan realisasinya di masyarakat

MOU Kankemenag Kabupaten Kebumen sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen, utamanya dalam hal ini bidang kesehatan masyarakat, antara lain RSU Jendral Sudirman, RSU Prembun, PKU Muhammadiyah Sruweng dan PKU Muhammadiyah GombongKegiatan Pengabdian Masyarakat ini, tidak hanya dilaksanakan pada saat Memperingati HAB saja, tetapi dilaksanakan juga pada kegiatan lainnya sepanjangntuk menyempurnakan programnya, agar masyarakat itu sehat Jasmani dan Rohaninya sekaligus, maka sebelum proses pengobatan Jasmani oleh Team PKU Muhammadiyah Sruweng, dilakukan Pembinaan dan Penyuluhan Agama Islam oleh Ketua Pokjaluh (Kelompok Kerja Penyuluh) Kabupaten Kebumen Pujiman, S.Agmenyampaikan bahwa sesuai dengan Tema besar HAB Tahun 2020 maka kerukunan merupakan hal penting yang harus diraih oleh seluruh umat beragama di Indonesia ini. Karena tanpa kerukunan, tidak mungkin Negara kita Indonesia ini bisa membangun dengan baik. Dalam Agama Islam, Kerukunan tidak sekedar menjadi sebab hidup kita sejahtera di dunia tetapi juga menjadi jaminan hidup kita akan bahagia di akhirat. Hal ini sesuai Sabda Nabi Muhammad saw, yang artinya :”Tidak akan masuk sorga sehingga kalian beriman, dan belum dikatakan beriman dengan sempurna sehingga kalian saling menyayangi (rukun)”, HR. Muslim. Dan juga Sabda Nabi saw yang artinya “Allah tidak akan menyiksa suatu kaum, apabila diantara kaum tersebut tidak saling bermusuhan”. Serta peringatan dari Rasul saw, bahwa kalau suatu umat semakin tidak rukun, maka akan terjadi bencana alam dimana-mana. Kesimpulannya, betapa pentingnya menjadi Umat yang rukun.

Hasil Penelitian oleh Team Ahli Persatuan Apoteker Seluruh Indonesia, juga para ahli lainnya, menyimpulkan bahwa Setiap manusia itu mempunyai kemungkinan sakit yang sama, karena setiap manusia itu dibekali dengan bakteri yang bisa menyebabkan sakit dengan jumlah bakteri yang sangat mencengangkan yaitu sejumlah 40 Milyar bakteri. Hal ini pernah disampaikan oleh KH. Tohri Tohir beberapa tahun yang lalu di PP. Al Kahfi Somalangu Kebumen. Dalam Penelitiannya tersebut, para ahli menyimpulkan bisa diatasi dengan 3 cara, yaitu 1). Olah raga; 2). Pola makan; dan 3). Aktifnya seluruh energy yang ada dalam diri manusia. Islam menjawab semua itu dengan lengkap, Olah raga, salah satunya di wakili dengan gerakan sholat, gerakan sholat yang sempurna secara fiqh akan sangat mempengaruhi kesehatan fisik, pola makan dengan puasa, dan pengaktifan energy dengan dzikir. Menurut penelitian ahli kungfu, menyimpulkan bahwa semua gerakan sholat adalah merupakan gerakan Supra Yoga, dan waktu-waktu awal sholat merupakan waktu awal memancarnya energy mayor yang muncul secara alamiah dan sangat mempengaruhi kesehatan manusia.Sebagai contoh, posisi sholat berdiri akan menguatkan keseimbangan sempurna, ruku’ merupakan pelenturan otot-otot tulang belang, sujud akan memenuhi kebutuhan aliran darah ke dalam jaringan otak, duduk diantara dua sujud merupakan duduk keperkasaan, tahyat awal meminimalisir pengapuran tulang dan seterusnya. Sementara puasa merupakan teori pengaturan pola makan yang sempurna, sehingga ketika orang mau dioperasi atau sekedar dironksent pun, team kesehatan akan mensyaratkan si pasien untuk berpuasa dengan waktu tertentu. Sementara, memunculkan energy theta yang merupakan energy anti pikun, hanya bisa diikhtiari dengan banyak membaca al Qur’an dan Sholawat Nabi. Maka bagi umat Islam yang menghendaki agar di hari tuanya tidak pikun, dia harus banyak berdzikir kepada Allah baik melalui memperbanyak membaca Al Qur’an maupun Sholawat Nabi atau kalimat-kalimat Dzikir lainnya. Semoga bermanfaat

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hadapi Pilbup 2020, 78 Panwascam Dilantik Hari Ini

Menantikan Panggung KVO Berikutnya

Related posts