9:36 pm - Rabu September 22, 2021

SRMB Kebumen Wakafkan Antologi Puisi Kuputarung 1 dan 2 ke Perpusarda

34 Viewed kebumenn 0 respond
single-thumb.jpg
Advertisment Single content advertisement top


Kebumen News (28/10/2019)

Dalam rangka turut berpartisipasi menyemarakkan gerakan literasi lokal dan literasi daerah Sekolah Rakyat MeluBae (SRMB) Kebumen kembali menerbitkan buku. Komunitas yang kini berusia 16 tahun ini telah berhasil menerbitkan beberapa buku sebelumnya. Buku yang diterbitkan SRMB diantaranya antologi puisi “Bulan Menggantung” karya penyair Kebumen Pitra Suwita dan buku antologi puisi bersama beberapa penyair “Kuputarung 1”, “Kuputarung 2”.
Pada momentum Sumpah Pemuda 2019, Senin (28/10) Kepala Sekolah SRMB Daryono Cengkim, didampingi beberapa personal pamong SRMB, diantaranya Pekik Sat Siswonirmolo, Aris Panji dan Indriotomo Brigandono mendatangi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kebumen untuk menyerahkan dua buah judul buku terbitan SRMB tahun 2019. Dua buah judul buku terbitan SRMB tersebut adalah antologi puisi Kuputarung 1 dan antologi puisi Kuputarung 2.
Kehadiran mereka disambut baik oleh Kepala Perpusda Kebumen Anna Ratnawati, S.KM,M.Si yang didampingi beberapa staf Perpusda.
Kepala Perpusda Anna Ratnawati yang akrab dipanggil Anna memberikan apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh Sekolah Rakyat Melubae. “

Mengingat keberhasilan gerakan literasi pada umumnya dan literasi daerah pada khususnya sangat membutuhkan dukungan dari peranserta masyarakat.” Tutur Anna Ratnawati kepala Perpusarda Kebumen sembari mengharapkan SRMB untuk dapat melanjutkan kegiatan dalam rangka mendukung gerakan literasi di Kebumen.

Selanjutnya Anna mempersilahkan penggunaan babarapa fasilitas yang ada di Perpusda, jika SRMB atau masyarakat memerlukannya.Anna juga berharap SRMB dapat membantu mewujudkan keinginan Perpusarda dalam rangka menerbitkan beberapa buku.
Pada kesempatan tersebut, pamong SRMB Pekik Sat Siswonirmolo memaparkan bahwa buku antologi puisi Kuputarung 1 berisi kumpulan puisi empat orang penyair SRMB yaitu Daryono Cengkim, Dodotiro, Pitra Suwita dan Pekik Sat Siswonirmolo.

“Buku itu sebenarnya telah pernah diterbitkan dalam bentuk manuskrip pada tahun 2003. Namun kemudian diterbitkan ulang dengan beberapa perbaikan pada bulan Agustus 2019 ini. Tutur Pekik.

Single content advertisement top

Buku antologi puisi Kuputarung 2 merupakan buku kumpulan puisi dengan 13 orang jumlah penyair Kebumen, yang juga terbit pada tahun 2019.
“Rencananya SRMB akan menerbitkan antologi puisi Kuputarung itu secara berseri setiap tahun, sehingga saat ini SRMB tengah mempersiapkan penerbitan antologi puisi Kuputarung 3, yang apabila tidak ada aral melintang akan terbit diawal Januari 2020.” Tutur Pekik bersemabgay. Untuk Kuputarung 3 SRMB telah membuka kesempatan, mengajak lebih banyak penyair Kebumen untuk dapat ikut terlibat. SRMB berkomitment untuk dapat membantu beberapa penulis Kebumen yang mengalami kesulitan dalam mewujudkan keinginannya untuk menerbitkan buku. Meskipun tidak harus menerbitkan buku-buku sastra puisi saja, tetapi bisa juga buku-buku yang lain”.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

SRMB dan Literasi Daerah

Adakan Festival, SMK Maarif 4 Kebumen Gandeng Pelajar Se-Kebumen

Related posts