1:06 pm - Sabtu Desember 7, 2019

Wujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi: Sejumlah Mahasiswa Adakan Aksi Sosial

440 Viewed Khas 0 respond

Kebumen, (Kebumennews.com),–Sabtu 14 September 2019 siang. Sejumlah 13 mahasiswa yang berasal dari Kampus IAINU Kebumen melaksanakan aksi sosial berupa bersih-bersih tempat ibadah. Kali ini, mahasiswa yang juga anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kebumen melakukan aksi sosial berupa bersih-bersih Masjid Darussalam Desa Bojongsari Kecamatan Alian.

Menurut Syarif, koordinator aksi sosial, kegiatan bersih-bersih tempat ibadah adalah upaya mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di Perguruan Tinggi. Syarif berpendapat bahwa mahasiswa sekarang, yang mempunyai predikat maha cenderung elitis. Sehingga perlu upaya memecahkan stigma negatif tersebut.

“Upaya kecil-kecilan seperti ini sebenarnya untuk menggeser stigma negatif yang disematkan kepada mahasiswa. Kita sih tidak berharap untuk mendapatkan pujian atau apapun itu. Kita yang belajar dari organisasi PMII selalu diajarkan kalau melakukan aksi sosial adalah kewajiban yang tak perlu disuruh-suruh. Artinya semua berdasarkan kesadaran,” tegas Syarif.

Sementara itu, respon baik juga disampaikan oleh Imam dan Takmir Masjid Darussalam. Imam Masjid Darussalam menyarankan kepada mahasiswa yang melakukan aksi sosial untuk terus konsisten dan melakukan aksi sosial di tempat lain.

Kegaiatan yang rencananya akan dilaksanakan setiap sebulan sekali memang akan dilaksanakan di tempat yang berbeda. Rencana ini disambut dengan baik oleh Rektor IAINU Kebumen, Dr H Imam Satibi M Pd I.

“Kalau itu untuk kepentingan umat, saya sangat mendukung. Adik-adik mahasiswa IAINU Kebumen ini adalah salah satu cerminan dari visi IAINU Kebumen, yaitu cakap bersahaja,” ucapnya.

Dr H Imam Satibi M Pd I menambahkan bahwa mahasiswa IAINU harus mampu mempelopori kemakmuran masjid. Gerakan ini dapat menjadi teladan gerakan sosial keagamaan di tengah kesibukan pemuda pada sosmed.

“Gerakan ini tentunya merupakan bagian dari tanggungjawab mahasiswa sebagai agent perubahan sosial. Kita tahu bahwa masjid adalah benteng moral yg harus didekatkan dengan pemuda. Lebih jauh saya berharap dapat ditindaklanjuti dengan kajian-kajian keislaman di masjid,” pungkasnya.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

PCNU Kebumen Akhirnya Buka Suara Soal Isu Urutsewu

Ciptakan Kader Mu’taqid, PMII Komisariat Joko Sangkrip IAINU Kebumen Adakan MAPABA

Related posts