11:14 am - Senin Oktober 14, 2019

Ciptakan Kader Mu’taqid, PMII Komisariat Joko Sangkrip IAINU Kebumen Adakan MAPABA

134 Viewed Khas 0 respond

Kebumen, (Kebumennews.com).–Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Joko Sangkrip kembali melaksanakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA). MAPABA adalah sebuah proses kaderisasi pertama atau masa orientasi mahasiswa sebagai langkah awal untuk masuk menjadi anggota PMII.
Kegiatan MAPABA itu dilaksanakan di Pondok Pesantren Darussa’adah, Kritig, Petanahan pada hari Jum’at 20 September 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh IKA PMII Kebumen, Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dan beberapa anggota PMII dari luar Kebumen. Acara ini dibuka secara resmi oleh Pengasuh Pondok Pesantren Darudsa’adah Petanahan. Dalam kegiatan itu setidaknya diikuti sekitar 50 orang mahasiswa. Ketua Komisariat Joko Sangkrip mengatakan bahwa MAPABA merupakan agenda yang dilakukan sebagai bentuk kaderisasi awal di PMII yang wajib dilaksanakan dan merupakan gerbang awal masuk ke dalam Organisasi PMII.

N’iam, selaku Ketua Komisariat Joko Sangkrip menambahkan bahwa kegiatan ini juga dilakukan karena pentingnya peran dan fungsi mahasiswa sebagai agent of change. Mahasiswa yang notabennya adalah agen perubahan diharapkan mampu melakukan gerakan dalam melakukan perubaha untuk bangsa Indonesia. Perubahan tersebut dapat diraih apabila mahasiswa mempunyai wadah untuk menyalurkan potensi diri, minat dan bakatnya.

“Wadah itu salah satunya adalah PMII. Maka sangat penting bagi mahasiswa untuk dapat berorganisasi. Selain untuk belajar, menggali potensi diri, menambah ilmu pengetahuan dan wawasan hal ini juga dapat memperluas jaringan dan sahabat,” tegas Ni’am.

Selain itu, Pengasuh Pondok Pesantren Darusa’adah yakni Bu Nyai Khusnul Khotimah, S Pd I, mengatakan bahwa berorganisasi sangat penting. Dia juga menjelaskan mengenai PMII, selain menanamkan nilai-nilai spiritual dan melalui PMII mahasiswa dapat berfikir kritis.

“Pola pikir itulah yang menumbuhkan kesadaran mahasiswa akan tanggung jawabnya di dalam kehidupan bemasyarakat, berbangsa, bernegara dan beragama. Begitu pentingnya berorganisasi dan manfaat yang akan dirasakan ketika nanti dihadapkan oleh realitas kehidupan di masyarakat,” papar Bu Nyai Khotimah.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Wujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi: Sejumlah Mahasiswa Adakan Aksi Sosial

Dukung Revisi UU KPK, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kebumen Gelar Aksi

Related posts