5:39 am - Kamis November 14, 2019

KARANGSARI SRUWENG NGGELAR WAYANG GOLEK JANENG

168 Viewed kebumenn 0 respond


Kebumen News (29

Masih dalam rangkaian perayaan HUT RI yang ke 74 dan Hari Jadi kabupaten Kebumen yang ke 390, warga desa Karangsari kecamatan Sruweng pada Selasa (27/8), menggelar pementasan wayang golek yang unik, yaitu wayang golek dengan diiringi tembang-tembang jamjaneng dari Paguyuban Seni Tradisional, desa Karangsari kecamatan Sruweng, pimpinan BE Susilohadi, S.Pd Menurut BE Susilohadi pagelaran wayang golek janeng ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dua kesenian tradisional yang merupakan aset kesenian di kabupaten Kebumen.
Keduanya kemudian dijadikan satu kemasan golek janeng, yang harapannya menjadi dikenal akrab bagi warga masyarakat Kebumen.
Pagelaran wayang yang kemudian disebut wayang Golek Janeng, mengambil lakon Raja Marmadi Masuk Islam dengan dalang Ki Sugito dari Kaibon Ambal.
Golek Janeng sengaja dipentaskan atas inisiatif dari Tusiyam Ketua RT.01 RW. 01 Karangsari Sruweng. “Niyate kangge nguri-uri seni tradisional, kalih ngge nyenengaken warga, khususe warga RT. 01 RW. 01, lan umume warga desa Karangsari,” kata Tusiyam yang juga sebagai penyandang dana utama pada acara yang juga dalam rangka HUT RI dan Hari Jadi kabupaten Kebumen dengan bahasa jawa.
Turut hadir menyaksikan pementasan Sri Sukaryawati, Ibu Kepala Desa Karangsari yang baru saja dilantik beserta perangkat des anyar Karangsari, dari DKD Kebumen, juga ratusan warga masyarakat Karangsari dan sekitarnya.

“Merupakan langkah inovasi yang patut diapresiasi. Setidaknya ada dua jenis kesenian tradisional yang secara bersama-sama dikuatkan keberadaannya.
Keduanya sebenarnya sama-sama kesenian yang bernafaskan keislaman.” Pungkas Pekik, Ketua DKD Kebumen.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Perlu Dievaluasi Pelayanan Kantor Pajak Kebumen Lelet

UMNU Gelar Workshop Strategi Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Related posts