12:01 am - Selasa September 17, 2019

Hari Kemerdekaan, Momentum Mengenang Kembali Olahraga Tradisional

21 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News (17/8/22019)

Lebih dari 400 siswa dari 20 SMP di Kabupaten Kebumen Kamis(15/8) mengikuti Lomba Olahraga Tradisional.
Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan seksi Kebudayaan berlangsung di halaman kantor Dinas Pendidikan kabupaten Kebumen dan dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kebumen Drs.H. Sudirman mewakili Kepala Dinas.
Menurut Be Susilohadi S.Pd. salah satu panitia penyelenggara, “Lomba Olahraga Tradisional ini baru diselenggarakan untuk pertamakalinya di kabupaten Kebumen, untuk tingkat SMP. Melihat antusiasme peserta yang sangat tinggi, BE Susilohadi berharap kegiatan lomba dapat menjadi agenda rutin yang diselenggarakan di kabupaten Kebumen. Karena dengan lomba olahraga tradisional ini para siswa dapat mengetahui, memahami dan merasakan adanya olahraga tradisional yang pernah ada dimasa lalu.
Lomba Olahraga Tradisional tersebut sebenarnya merupakan salahsatu agenda kegiatan di Kampung Jawa Ambal, akan tetapi yang lomba olahraga tradisional yang diselenggarakan kali ini juga merupakan rangkaian kegiatan lomba dalam rangka HUT RI yang ke 74 dan Hari Jadi kabupaten Kebumen yang ke 390 tahun 2019.
Pada lomba olahraga tradisional yang berlangsung meriah tersebut setiap siswa dari perwakilan sekolah menunjukan kemahiran yang luar biasa pada 3 jenis lomba, yang meliputi Dagongan, Balap Egrang dan Terompah panjang atau klompen.
Bahkan terjadi kehebohan pada lomba Dagongan, yaitu peserta beradu kekuatan dorong-mendorong sebatang bambu besar. Pada babak final karena kuatnya semangat para peserta saling mendorong mengakibatkan bambu besar pecah, dan 2 orang siswa peserta terangkat keatas, tentu hal ini semakin menambah kemeriahan lomba.
Diakhir lomba urutan sekolah yang berhasil menjadi juara adalah; Juara 1. SMP/ Karangsambung, 2. SMP 1 Adimulyo, 3 ,SMP 1 Gombong, 4. SMP Karanggayam , 5. SMP2 Adimulyo ,6. SMP 2 Gombong.
Masing-masing juara menerima trophy, piagam dan uang pembinaan.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Begini Cara Warga Bumirejo Rayakan Kemerdekaan

Ponpes Darussalam Gelar Khataman dan Khoul

Related posts