12:54 am - Selasa Agustus 20, 2019

Alami Disorder of Sex Developmental (DSD), Anak ini Butuh Bantuan

677 Viewed kebumenn 0 respond

Kurniawan (10), terpaksa keluar (tidak masuk) dari sekolahnya di kelas 4 SDN Kedunggong. Pasalnya Kurniawan merasa malu disebabkan menderita penyakit atau kelainan Disorder Sex Developmental (DSD). Ia malu untuk berangkat sekolah karena tidak nyaman dengan kondisinya. Kurniawan tinggal bersama nenek di Desa Kedunggong RT 02 RW 1. Desa ini terletak di pegunungan paling utara dan terjauh dari kota Kabupaten Kebumen, berbatasan langsung dengan tiga Kabupaten, Kebumen, Banjarnegara dan Wonosobo. Masih berada di wilayah Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen.
Karena penyakitnya itu ia menderita seperti tidak punya kelamin.
Selama ini pihak keluarga telah nelakukan tindakan berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan setempat, oleh Dinas Sosial Kabupaten Kebumen didampingi Petugas Puskesmas dan Babinsa dibawa ke RSUP Sarjito Yogyakarta, pada Kamis 13 Juni 2019.

Diperiksa selama dua hari di Poli Tulang, Urologu dan Anak. Dari Poli Anak diarahkan untuk dilakukan USG di Radiologi. Pada Selasa, 18 Juni 2019 dilaksanakan USG di Radiologi, namun hasilnya belum bisa diambil pada hari yang sama.
Kesimpulan dari pemeriksaan klinis dan hasil USG, anak mengarah ke diagnosis Disorder of Sex Developmental (DSD) atau gangguan pembentukan jenis kelamin.
Anak mengalami ketidaksinkronan perkembangan jenis kelamin. Secara fisik, diketahui sebagai penampakan laki laki, tetapi hasil USG menunjukkan tidak ada testis, sebaliknya ia memiliki rahim.

Langkah lanjutan adalah pemeriksaan Kromosomal genetik, untuk menentukan secara genetik apakah laki laki atau perempuan.

“Pemeriksaan Kromosomal dapat dilakukan di RS Sardjito, sudah didaftarkan tanggal 22 Juli 2019, sebelum pukul 11.00” Tutur Brigjend Gathut Setya Utomo Waaster Kasad yang asli Kebumen.

Hal ini bisa ditangani menggunakan biaya BPJS. Apabila umum, biayanya sekitar 1,3 juta. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Sambut Pelantikan DPRD Baru Amak Tuntut Revisi Perda

Jadi Tuan Rumah KSM, Kebumen Bakal Dihadiri 3000 Tamu

Related posts