3:34 pm - Sabtu Maret 23, 2019

Problem Sampah Tuntas, Bayar PBB Lunas

96 Viewed Masyarakat Karst 0 respond
BANK SAMIUN: Warga Kelurahan Kebumen membayar lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui bank sampah [Foto: K.08]
  • Membayar Pajak Dengan Sampah

Salah satu program Pemkab Kebumen adalah pelunasan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui Bank Sampah. Program tersebut direspons antusias oleh warga Kelurahan Kebumen, khususnya pada pelaksanaan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan bersama di lingkungan RW. 04 Kelurahan Kebumen.

Warga masyarakat di lingkungan ini menyambut baik pembayaran PBB, karena mereka melunasi PBB tanpa merogoh kocek pribadi, tapi cukup dari hasil tabungan sampah yang dikelola oleh Kelurahan melalui Bank Samiun, yang merupakan salah satu inovasi dan program unggulan Kelurahan Kebumen.

Bank Samiun merupakan Bank Sampah atau tempat pengumpulan sampah dari masyarakat Kelurahan Kebumen, yang hasilnya diakumulasi sebagai tabungan warga, kemudian digunakan untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2019, sehingga pembayaran PBB menjadi tepat waktu.

“Sekalipun belum mampu melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Satu hari lunas, tetapi  kami sangat mengapresiasi program Bank Samiun, karena memang manfaatnya sangat banyak,” tutur Sekcam Kebumen Drs. Ngadiyo

Sudah barang tentu keberhasilan program Bank Samiun tersebut berkat adanya sinergi antara pihak-pihak terkait mulai dari masyarakat wajib pajak, aparatur Kelurahan Kebumen, para Ketua RW, juga tokoh masyarakat dan Lurah Kebumen sendiri. Sehingga dengan adanya program Bank Samiun dapat meringankan pembayaran PBB tanpa terlalu membebani keuangan warga masyarakat.

Menurut Lurah Kebumen Dede Suntoro S.Sos, program pembayaran PBB dengan menukarkan tabungan Sampah (Bank Samiun) sudah berjalan sejak tahun 2016 hingga sekarang 2019.

“Kelurahan sendiri memiliki Baku atau nominal yang dibayarkan jumlah pajak seluruh wajib pajak di kelurahan Kebumen”, jelas Dede Suntoro. Adapun jumlah nominal yang dibayarkan sebesar  Rp. 1.341.433.489.

“Ini terbesar untuk tingkat Kelurahan dan Desa”, sambungnya.

Hal senada dikemukakan Ketua RW. 04 Asnawi Bachtiar “Untuk wilayah RW 04 saja memiliki jumlah Baku yang di bayarkan sebesar  Rp. 68.794. 192, yang terbagi dalam 267 obyek pajak”, lanjut Asnawi Bahtiar .

Sedangkan bagi warga masyarakat, pelaksanaan program Bank Samiun ini sangat dirasakan manfaatnya, baik dalam mengatasi problem sampah lingkungan maupun kewajiban wajib pajak.

“Membayar pajak dengan hasil tabungan sampah yang di kelola Kelurahan sangatlah membantu meringankan beban masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan”, ungkap Sugeng Riyadi, salah satu nasabah Bank Samiun. [Kn.08]

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Ki Dalang Basuki: “Penonton adalah Guru Yang Baik”

DKD Kebumen Gelar “Kebumen Violin Orchestra”

Related posts