Kawasan Geopark Kebumen Ada 41 Situs Geologi

Hai kawan-kawan, tau nggak sih kalo Kebumen punya Kawasan Geopark? #GeoParkKebumen Geopark itu kawasan yang berisi gabungan dari tempat konservasi, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Kawasan ini luas, yang isinya ada 41 situs geologi (geosite), 8 situs Biologi dan 10 situs budaya. Kawasan Geopark luasnya 543.599 Km² yang mencakup 12 Kecamatan dengan 117 Desa di anatarnay di kecamatan Geopark Karangambung-Karangbolong terbagi menjadi 3 Sub-Kawasan:  Kawasan Karangsambung (Utara), – Kawasan Sempor (Tengah) dan Kawasan Pesisir Ayah (Selatan),  masyarakat bisa terlibat langsung.

Bisa berkembang dari sisi apa saja. Tempat penelitian, OK. Tempat belajar siswa, OK. Ekonomi masyarakat menjadi tempat wisata. Kawasan Karangsambung sebagai Cagar Alam Geologi, menyimpan banyak ilmu dan dampak sosial di kawasan Karangsambung.

Kawasan Karangbolong jadi objek penelitian dan konservasi, dengan penetapan Kawasan Bentang Alam Batu Gamping / Karst (bahasa Italia: Carso; bahasa Slovenia: Kras). Pemerintah Kabupaten Kebumen berkomitmen merealisasikan Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong menjadi Geopark Nasional Indonesia.

Proses menuju Geopark Nasional telah dilakukan secara bertahap sejak Tahun 2016 dan akan terus kita kembangkan hingga terealisasi menjadi Geopark Nasional. Geopark Karangambung-Karangbolong terbagi menjadi 3 Sub-Kawasan:
– Kawasan Karangsambung (Utara)
– Kawasan Sempor (Tengah)
– Kawasan Pesisir Ayah (Selatan)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

bram

Berbagi itu asik

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.