1:42 pm - Jumat Juli 19, 2019

Kawasan GeoPark Kebumen 12 Kecamatan 117 Desa

1268 Viewed bram 0 respond

Kebumen punyai Kawasan Geopark yang berisi gabungan dari tempat konservasi, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kawasan ini sanagat luas, ada 41 situs geologi (geosite), 8 situs Biologi dan 10 situs budaya.

Kawasan Geopark mempunyai luas 543,599 Km² yang mencakup 12 Kecamatan dengan 117 Desa, banyak masyarakat yang bisa terlibat. Mengembangkan dari sisi apa aja seperti tempat penelitian, Tempat belajar siswa, Ekonomi masyarakat, dan menjadi tempat wisata.

Dikutip dari KAJIAN TEORITIS KONSEP GEOPARK yang ditulis Bpk. Chusni Ansori *(Peneliti Utama LIPI Karangsambung), “Adanya aktifitas pariwisata dalam kegiatan geowisata di suatu Geopark yang dijalankan oleh masyarakat adalah komponen penting dalam keberhasilan pengelolaan Geopark.”

Kawasan Karangsambung sebagai Cagar Alam Geologi, menyimpan banyak ilmu dan dampak sosial di kawasan Karangsambung. Kawasan Karangbolong menjadi objek penelitian dan konservasi, dengan penetapan Kawasan Bentang Alam Batu Gamping / Karst (bahasa Italia: Carso; bahasa Slovenia: Kras).

Karangambung-Karangbolong terbagi menjadi 3 Sub-Kawasan: satu, Kawasan Karangsambung (Utara). Dua, Kawasan Sempor (Tengah) dan Tiga, Kawasan Pesisir Ayah (Selatan).

Pemerintah Kabupaten Kebumen berkomitmen merealisasikan Kawasan Geopark Karangsambung, Karangbolong menjadi Geopark Nasional Indonesia. Proses menuju Geopark Nasional telah dilakukan secara bertahap sejak Tahun 2016 dan akan terus kita kembangkan hingga terealisasi menjadi Geopark Nasional. Geopark

Mewakili 6 Periode Sejarah Geologi. #GeoParkKebumen. Urutan periodisasi sejarah geologi tersebut adalah: Masa Awal Pembentukan Pulau Jawa / Pra-Tersier (117 -55jtyl), Masa Sedimentasi Longsoran Laut Dalam (55–25 jtyl), Masa Gunung Api Purba OAF (25-16jtyl), Masa Pembentukan Paparan Karbonat (16-10jtyl), Masa Gunung Api Purba Halang (10 -2jtyl) dan Masa Pembentukan endapan Alluvial dan pantai ( < 2 jtyl) Note: “jtyl” artinya “Juta Tahun Yang Lalu”.

Morfologi yang terbentuk hasil proses geologi Jaman Kapur sampai Kuarter dan tersebar dari mulai dari utara sampai selatan kawasan geopark.

Kunci Keberhasilan pengembangan dan pengelolaan Geopark ada pada peran dan partisipasi masyarakat lokal yang aktif dan pahamakan pengertian geopark itu sendiri. Geopark Karangsambung – Karangbolong secara administrasi berada di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Pengertian Geopark bedasarkan yang dijelaskan di dalam Guideline and Criteria Geopark GGN UNESCO (2016) dapat dipahami melalui beberapa aspek seperti:

Sebagai suatu kawasan, Sebagai sarana pengenalan warisan Bumi, Sebagai kawasan lindung warisan Bumi, Sebagai tempat pengembangan geowisata, Sebagai sarana kerjasama yang efektif dan efisien dengan masyarakat lokal dan Sebagai tempat implementasi aneka ilmu pengetahuan dan teknologi.   Balai Informasi dan Konservasi Kebumian, Karang Sambung. Ir. Chusni Ansori, M.T.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Kawasan Geopark Kebumen Ada 41 Situs Geologi

Perpag Geram Kunjungan Tim Pemkab Berbelok Arah

Related posts