NU Alian Sabet Juara Rodad

NU Kebumen >> alam rangka Hari Lahir NU ke-95, hari ini (15/4) PCNU Kebumen selenggarakan Festival Seni Rodad di kompleks Kantor PCNU Kebumen. Acara ini berlangsung meriah dan penuh kekeluargaan. Acara ini diikuti oleh 26 grup utusan dari MWCNU se-Kebumen. Penampilan seni rodad ini mendapatkan penilaian dari empat juri ahli seni rodad di Kebumen.

Seni rodad merupakan seni khas kalangan santri yang ditradisikan di desa-desa di Kebumen. Rodad ini melantunkan syair-syair pujian shalawat Nabi dengan iringan terbang (rebana) dan bedug. Syair lazimnya dilantunkan oleh dalang rodad. Tetabuhan musiknya mengiringi sejumlah lelaki berseragam yang menari. Gerakan penari biasanya merupakan gerakan pencak silat.
Dalam festival kali ini, juara I diraih oleh MWCNU Kecamatan Alian, juara II MWCNU Kecamatan Kebumen, dan juara III MWCNU Kecamatan Ambal. Selain mendapatkan piala, ketiga juara ini masing-masing mendapatkan hadiah seekor kambing. Juara harapan mendapatkan bantuan uang pembinaan. Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh KH. Drs. Masykur Rozzaq MPdI Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen.(as)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

bram

Berbagi itu asik

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.