6:31 pm - Sabtu Juli 31, 2021

Tempa Kemampuan Menulis, Rohis SMKN 1 Karanganyar Gelar Training Jurnalistik

1248 Viewed kebumenn 0 respond
Advertisment Single content advertisement top

Kebumen News – Tiga kelompok yang terdiri dari empatpuluh lima siswa SMKN 1 Karanganyar terlihat antusias saat menyelesaikan layout terbitan berkala sebuah bulketin. Mereka dibimbing oleh dua instruktur Mustolih dan Suwandi. Siswa yang tergabung dalam Organisasi Rohani Islam terlihat asyik mengerjakan tugas training jurnalistik (Sabtu, 3/2/2018)

Beberapa siswa hanyut mengerjakan tulisan artikel, kelompok lainnya asyik mengerjakan features dan artikel. Organisasi yang mayoritas siawi ini terlihat menikmati proses training jurnalistik. Rohis SMKN 1 Karanganyar di bawah bimbingan Amir Mahmud, S.Ag.

Single content advertisement top

“Mas, kalau kita mau menerbitkan buletin, apa saja sih yang harus disiapkan sebelum terbit.” Tanya Wiwin pengurus organisasi Rohis.

“Pertama, harus ada bahan yang mau ditampilkan, baik berupa tukisan maupun karya seni.” Tutur Iwan, instruktur dari media.” “Tulisan bisa terdiri dari artikel, berita maupun features, ketiganya mensyaratkan 5W 1 H (What, Who, Why, When, Where dan How). Bedanya kalau berita itu harus aktual, jadi tulisan berita akan basi kalau dibaca seminggu kemudian. Sementara artikel dan features tidak basi dibaca kapanpun.” Sambung Iwan

Setelah tiga kelompok menyelesaikan tugasnya, mereka diminta presentasi di depan teman-temanya. Beberapa siswa memberikan masukan untuk perbaikan dan diterima oleh kelompok yang presentasi.

Kegiatan ini digagas oleh siswa sendiri dengan minta dukungan dari pembina Rohis dan Kepala SMKN 1 Karanganyar.

Pembina Rohis, Amir Mahmud, S. Ag. Berharap kegiatan ini jangan berhenti setelah pelatihan.

“Saya menaruh harapan besar bagi kalian, jangan berhenti sampai training ini, kaloan harus melakukan tindak lanjut berupa penerbitan karya.” Tutur Amir saat sambutan membuka kegiatan.

Kepala SMKN 1 Karanganyar Suyono,  S. Pd., M. Pd.,  sangat mensupport kegiatan ini. Demikian juga pembina Rohis Amir Mahmud, S. Ag sangat mendukung kegiatan ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan jurnalistik ini bahkan saya berpesan untuk membuat berita yang jujur, jangan ghibah apalagi hoax”. Harap Suryono. (Kn 01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
4/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Bencana Alam Angin Puting Beliung di Bulus Pesantren

Pelangi Doa Untuk Gus Dur Pada Sewindu Haul Gus Dur

Related posts