Kembalikan Habitat Sungai, Bantaran Lukulo Ditanami Bambu

432 Viewed kebumenn
Advertisment Single content advertisement top

Kebumen News (18/1/2018) Yayasan Hubbul Wathon Institute kebumen bekerjasama dengan BPH wilayah VII kebumen menanam Bambu petung di sepadan sungai lukulo.

Dalam rangka merevitalisasi dan rehabilitasi sepadan sungai lukulo yg semakin hari semakin parah akibat longsor,  Yayasan Hubbul Wathon Institute kebumen bekerjasama dengan BPH wilayah VII kebumen melakukan penanaman bambu petung di sepanjang sepadan sungai lukulo.

Dari hasil observasi di lapangan sampai sejauh ini terdapat ratusan rumah dan lahan milik warga yg terancam hilang. Bahkan puluhan lahan sudah tergerus air sungai yg keras. Jika ini dibiarkan maka lahan konservasi akan semakin menipis.

Hubbul Wathon Institute merasa prihatin atas ulah beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap keseimbangan lingkungan di bantaran sungai lukulo. Sebagai bentuk kepedulian sosial dan alam maka kami menginisiasi gerakan ini bekerjasama dengan Balai Pengelola Hutan wilayah VII kebumen, DPD II Ipkindo (Ikatan penyuluh kehutanan Indonesia) kebumen, muspika kecamatan buluspesantren, masyarakat luas dan Banser NU utk menanam ribuan bambu petung dari pinggiran kota kebumen: tembana, kutosari, panjer, Tamanwinangun, Muktisari, rantewringin, ambalkumolo, Maduretno, dan ayam putih.

“Kemudian untuk merangsang sektor wisata dan ekonomi, Hubbul Wathon Institute juga menanam bambu petung di desa Bercong dan Waluyo kecamatan buluspesantren dengan target 5 tahun ke depan bisa menjadi desa ekowisata.” Tutur Muhammad Solahudon dari Yayasan Hubbul Wathan.

Secara ekonomi bambu petung ini selain kuat juga bisa menjadi sektor home industri. Selain itu juga utk menjemput bola setelah Petanahan dan ambal sdh memiliki ciri khas desa wisata yg sudah terbentuk. Semoga bisa membangkitkan perekonomian masyarakat buluspesantren kelak.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak khususnya kepada BPDAS – SOP Jogjakarta atas bantuan bibit bambu petung hasil perbanyakan kultur jaringan. Semoga kerjasama ini terus berlanjut.” Pungkas Solahudin. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Filed in

Camat Baru Pituruh Gelar Operasi Pasar dan Ajak Masyarakat Donor Darah

Akses Jalan Ke Brujul Adventure Park Dirabat, Bakal Mudahkan Wisatawan

Related posts