5:42 pm - Kamis Agustus 13, 2020

Bawaslu Kebumen Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pilkada

1250 Viewed kebumenn 0 respond
single-thumb.jpg

Kebumen News (17/1/2018) – Dalam rangka menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang segera dilaksanakan pada 27 Juni 2018,Bawaslu Kebumen menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatif dengan peserta dari seluruh Camat di wilayah Kebumen, Ormas, PNS, Media Sosial, dan wartawan.

“Kami berharap semua yang hadir di sini dapat turut serta mengawasi pemilihan gubernu dan wakol gubernur yang akan diselenggarakan pada 27 Juni besok.” Tutur Maesaroh, Ketua Bawaslu Kebumen dalan sambutan pembukaan.

Narasumber kegiatan ini adalah komisioner Bawaslu Kabupaten Kebumen, Maesaroh menyampaikan materi Tugas dan Wewenang Pengawas Pemilu Kada 2018  dan Arif Supriyanto menyampaikan Potensi Pelanggaran pada Tahapan Pilkada 2018.

“Salah satu potensi pelanggaran contohnya nama satu orang yang tertulis di KTP, terdaftar di beberapa parpol. Itu yang kemarin sudah ditemukan Panwas.” Tutur Maesaroh sebagai narasumber.

Di wilayah Kabupaten Kebumen akan hari ini ada 460 desa yang artinya kami telah melantik 460 Pengawas Pemilu Desa (PPD) nanti pada pilkada Gubernur akan ada 2529 TPS,yang artinya dibutuhkan pengawas tingkat TPS sejunlah 2529 pengawas.

Di luar mekanisme resmi pengawasan pemilu di atas, dibutuhkan pengawasan pemilu langsung dari masyarakat. Dalam konteks inilah kegiatan hari ini dilaksanakan.

Pelanggaran sesuai Undang-undang Pemilu misalnya kampanye, Aparatur Sipil Negara termasuk di dalamnya pejabat struktural maupun fungsional tidak dibenarkan melakukan kampanye atau hal-hal yang mengarah pada tindakan tidak netral. Jadi Bupati, Camat, Kepala Desa,PNS itu tidak boleh melakukan kanpanye atau mendukung salah satu calon.

“Panwas harus tetap semanhat dan kerja keras,karena batar pelaporan pelanggaran hanya tujuh hari. Dengan jumlah saksi  pelanggaran yang mencapai 15 orang, tentu kalau tidak ada partisipasi masyarakat, Pabwas akan mengalami banyak kendala di lapangan.” Tutur Arif Supriyanto saat menjadi narasumber. (Kn.01)

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
News Feed
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Camat Baru Pituruh Gelar Operasi Pasar dan Ajak Masyarakat Donor Darah

Mahasiswa Gelar Lomba Rebana di Karangglonggong

Related posts