3:57 am - Selasa Desember 10, 2019

Wujudkan Transparansi Keuangan, Desa se-Kecamatan Kebumen Gelar Siskeudesmen

829 Viewed kebumenn 0 respond

Wujudkan Transparansi Keuangan Desa Kecamatan Kebumen Gelar Pelatihan Siskeudes

Kebumen News-(14/11/2017) Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah bersama dengan beberapa jajaran Kementrian, Pemerintah Propinsi, Kabupaten dan Kecamatan diharapkan dapat lebih mengefektifkan perannya masing-masing dalam pengelolaan keuangan desa. Dalam rangka Penguatan administrasi keungan desa, Kecamatan Kebumen pada Selasa (14/11) bertempat di Aula Balai Desa Mengkowo melangsungkan Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi aparatur pemerintah desa se-Kecamatan Kebumen.

Agus Budiyanto, selaku Kasi PM Kecamatan Kebumen menyampaikan: _“Tujuan pelatihan ini adalah agar seluruh Perangkat Desa se-Kecamatan Kebumen mendapatkan kemudahan saat melakukan proses pengelolaan keuangan, serta dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya, sehingga dapat terwujud pengelolaan keungan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif_.”

Yan Haryanto, perwakilan dari Dispermades P3A dan sekaligus Pemateri menambahkan: _”Aplikasi Siskeudes merupakan aplikasi yang difungsikan untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa. Karena begitu besar anggaran yang diterima oleh desa, tentunya disertai dengan tanggungjawab yang besar pula. Oleh karenanya, Pemerintah Desa harus bisa menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas, mengingat dalam pengelolaan keungan desa dituntut membuat laporan-laporan_.”

“Pemberian Dana Desa yang begitu besar, tentunya jumlah pelaporan di desa begitu beragam, sehingga menuntut kepada Pemerintah Desa agar bisa menerapkan akuntabilitas dalam pengelolaan keungan desa. Sumber daya aparatur Pemerintah Desa yang kompeten, serta dukungan sarana teknologi informasi yang memadai dan dapat diandalkan menjadi keharusan bagi desa”_. Jelas Mizanul Akrom selaku Pendamping Desa

 

Salah satu peserta pelatihan menjelaskan: _”Pelatihan ini benar-benar menambah skill dan wawasan baru bagi kami, karena kami langsung praktik pengisian aplikasi dengan data yang ada di desa, seperti APBDes, RAB dan lainnya. Disamping itu, kami juga langsung mengsimulasikan pengisian aplikasi, dimulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan hingga pembukuan_.” Tutur Amin Mustofa Plt. Sekdes Adikarso. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
News Feed
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

UI Kembali Goes To School, Tahun Ke Empatbelas

Rahasia “Rabu Wekasan”

Related posts