1:20 pm - Jumat Juli 19, 2019

Warga Lereng Lukulo Datangi Kantor DPRD, Tuntut Talud dan Buang Bendungan

1056 Viewed Khan Solikhan 0 respond

Kebumen- (5/10) Puluhan warga Tembana Desa Kutosari,Kecamatan Kebumen mendatangi gedung DPRD Kebumen untuk menyampaikan keluh kesahnya lantaran tempat tinggalnya terkena erosi Sungai Lukulo. Rombongan warga Kutosari didampingi oleh Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kebumen.

Koordinator aksi, Solikhan mengatakan, kedatangan rombongan tersebut sebagai bentuk klarifikasi terkait erosi akibat Sungai Lukulo yang mengancam rumah warga Desa Kutosari RT 1 RW 5. Ia berharap dengan bertemu wakil rakyat dapat memperoleh solusi atas permasalahan yang dialami warga.

“Kita meminta ke DPRD untuk dihadirkan pihak-pihak terkait agar mereka tahu jeritan masyarakat, kita juga menyiapkan data terkait bukti duduk persoalan yang terjadi dalam bentuk video”, ungkapnya. Ini berkaitan dengan keberlangsungan hidup masyarakat sekitar yang jelas dilindungi oleh undang-undang, kami mau diskusi dan mencari solusi atas masalah ini,” imbuhnya.

Terjadinya erosi penggerusan tanah di sebelah timur Sungai Lukulo di sinyalir sejak adanya bendungan yang dibuat oleh PU Jasa Tirta. Jafar (69 th) mengatakan, ” dulu sebelum adanya bendungan tidak separah sekarang, tapi semenjak adanya bendungan menjadi sangat parah, tanah saya sering longsor dan sekarang saya sudah meninggalkan rumah saya karena khawatir ada longsor susulan”, tutur Jafar salah seorang korban.

“Rumah saya sekarang tinggal berjarak 50 centimeter dari tepi sungai, tembok juga sudah mulai ketarik”. pungkasnya.

Pihak PU Jasa Tirta yang diwakili Adi Nugroho mengakui bahwa tujuan di bendungnya sungai untuk menaikan elevasi air. Pihaknya sudah membongkar bendungan 2 minggu yang lalu. Pihaknya juga akan mengambil sikap untuk menangani permasalahan yang terjadi. Wahyono perwakilan warga mengatakan, ” Kami minta untuk pinggiran sungai dibuat penguat atau talud agar tanah kami tidak longsor terus”. (Khan)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

4000 Guru dan Pegawai Tidak Tetap Cilacap Tuntut Kesejahteraan

Masa Bhakti Hampir Habis, Dibuka Pendaftaran Dewan Pendidikan Kebumen

Related posts