12:03 am - Selasa September 17, 2019

Orasi Ilmiah dan Nobar, Warnai Peringatan Hari Sumpah Pemuda

362 Viewed Khan Solikhan 0 respond

Kebumen, (28/10) Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum sakral bagi pemuda bangsa Indonesia. Momen itu sebagai cikal bakal bersatunya komponen pemuda dari berbagai latar belakang yang ada di Nusantara untuk terikat dalam sebuah nation-state atau bangsa.
Sumpah Pemuda merupakan hasil Kongres Pemuda Kedua yang dirumuskan pada 28 Oktober 1928 di Batavia atau sekarang Jakarta.

Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kebumen mengadakan nonton bareng dan pelatihan orasi yang bertujuan untuk merefleksikan kembali jasa-jasa para pejuang kemerdekaan khususnya Pemuda.

“Kegiatan yang dilaksanakan di kampus UMNU Kebumen ini bertujuan menyadarkan kembali diri kita dari pentingnya peran pemuda untuk negeri”,
Tutur Ombi Ramdhan selaku ketua panitia refleksi hari sumpah pemuda.

Muhammad Dzikrulloh ketua komisariat UMNU mengatakan,”Kita harus sadar bahwa pemuda mempunyai andil besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia”.

“Kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari semangat perjuangan para pemuda. Dulu para pemuda berdarah-darah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, hari ini kita harus lebih berdarah-darah dalam mengisi kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia”, tutur Solikhan Ketua PC PMII Kebumen.

“Pemuda harus mempunyai basic pengetahuan yang kuat dan analisis yang dalam karena bangsa ini butuh pemuda yang cerdas. Bagaimana mungkin para pemuda waktu itu merebut kemerdekaan kalau tidak berbekal pengetahuan yang matang. Kita harus sadar bahwa kemerdekaan harus kita rebut dan kita perjuangkan”, pungkasnya. (Khan)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Manusia-Manusia Yang Sulit Dilupa

Studi Pentas “Orang Gila” Di Workshop Teater Ger@k IAINU

Related posts