4:49 pm - Selasa November 19, 2019

Hujan Deras di Kebumen Akibatkan Banjir dan Longsor Di Mana-mana

1455 Viewed bram 0 respond

Kebumen (17/10) Hujan dengan intensitas tinggi di beberapa daerah di wilayah Kabupaten Kebumen sejak Selasa, menyebabkan kejadian bencana (Rabu, 10 – 11 Oktober 2017. Bencana ini terjadi di berbagai tempak di wilayah Kabupaten Kebumen.

Kejadian longsoran material di  RT 02 RW 02 Desa Kalijaya Kecamatan Alian, mengenai tembok rumah Agus Priyanto bin H Saleh. Hujan deres yang cukup lama dan tersumbatnya aliran pada saluran air yang berada di atas rumah menyebabkan air meluap. Hal ini menyeybakan pada pukul 04.00 WIB, longsoran material bercampur lumpur masuk ke dalam rumah. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini tetapi menyeyabkan rumah Agus rusak ringan. Tak lama dilakukan penanganan sementara pemilik dan warga bekerjabakti dan bergotong royong membersihan saluran dan material yang masuk ke dalam rumah.

Tanah longsor juga terjadi di Dukuh Kalibatur RT 2 RW 5 Desa Giyanti Kecamatan Rowokele, longsor menimpa rumah Sarimin ( 50 th ) pada pukul 05.30 WIB, longsoran tanah ini menyebabkan rusak ringan pada atap dan dinding rumah Sarimin. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu tetapi kerugian akibat kerusakan rumah sekitar 10 juta. Penanganan sementara pemilik bersama warga kerjabakti bergotong royong.

Longsor juga menimpa rumah Sartiman di Dukuh Era RT 07 RW 03 Desa Kretek Kecamatan Rowokele. Tanah longsor pada pukul 04.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, rumah rusak ringan dinding bambu dapur roboh, taksiran kerugian akibat kerusakan Rp. 1.200.000,-.Penanganan kerjabakti masyarakat dengan Muspika kecamatan Rowokele.

Longsor juga terjadi di RT 03 RW 15 Dukuh Temetes Desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele, longsor menimpa rumah Kastuji ( 55 th ). Kejadian pukul 05.20 WIB, mengakibatkan beberapa bagian dinding dan atap rusak ringan. Tapi karena besarnya longsoran sehingga mengganggu aktifitas warga. Luasan longsor kurang lebih 20 m x 30 m. Penanganan kerja bakti warga membuang sebagian tanah yang mengganggu akses ke rumah.

Tebing jalan utama Desa Wonoharjo di RT 01 RW 01 Dukuh Ndukuh juga longsor akibat hujan deras itu. Longsor sepanjang sekitar 10 m dan tinggi 3 m, akibat luapan air di jalur drainase yang tidak dapat menampung air sehingga air meluap ke jalan, kejadian sekitar pukul 11.15 wib. Penanganan sementara pendataan dan koordinasi dengan pihak terkait.

Tanah longsor di RT 02 RW 09 Desa Tanggeran Kecamatan Sruweng menimpa rumah milik Mukhayat, tidak ada korban jiwa, tetapi rumah rusak ringan. Kejadian pada hari Senin 9 Oktober 2017 sekitar pukul 09.30 WIB mengakibatkan tanah longsor menutup akses jalan Desa dan mengancam rumah milik Budiono ( 51 th ) warga di RT 10 RW 04 Desa Karangpoh Kecamatan Pejagoan dengan lebar 10 m tinggi 5 m.

Selain longsor hujan kemarin juga menyebabkan banjir di Desa Kedungweru Kecamatan Ayah, dalam peristiwa akibat hujan kali bodo, meluap. Kejadian sekitar pukul 07.00 WIB. masih dalam penanganan sementara, assessment dan koordinasi dengan pemdes setempat.

Dalam rangka tanggap bencana dilakukan upaya penanganan dengan cara  Assesment ke lokasi dan koordinasi dengan pemerintah desa setempat. Pengiriman bantuan logistic untuk korban dan kerjabakti warga. Hemantauan terhadap bencana susulan

Hal mendesak yang dibutuhkan masyarakat adalah pengiriman tenaga untuk kerja bakti dan korban membersihkan aterial bangunan untuk korban rumah roboh.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Awas…! Hujan Menguyur Kebumen Waspadai Banjir dan Tanah longsor

Pelajar Juga Bisa Asah Kemampuan Fotografi di Canon PhotoMarathon Indonesia 2017

Related posts