11:34 am - Selasa Desember 10, 2019

Pentingnya Pendidikan Demokrasi dan Politik Bagi Masyarakat

680 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News – (8/9) Lembaga Pemberdayaan Informasi dan Penelitian (LPIP) bekerja sama dengan KPUD dan PANWASKAB Kebumen menggelar Sekolah Demokrasi dan Pemilu sebagai upaya mengajak masyarakat untuk ‘melek’ demokrasi. Pasalnya demokrasi yang sering digembor-gemborkan jujur dan adil kenyataannya belum sesuai dengan konsepsi teoretis. Praktek money politik dan pendidikan politik oleh partai politik pun belum berjalan sebagaimana mestinya.

“Politik di indonesia identik dengan demokrasi. Sedangkan ciri khas demokrasi yaitu adanya pemilu”. Tutur Paulus ketua KPU Kebumen sebagai salah satu pemateri.  Pendidikan politik di Indonesia masih sangat lemah. Lemahnya wawasan politik masyarakat berdampak pada proses demokrasi yang di Indonesia.

“Kurangnya pemahaman proses demokrasi di masyarakat memicu maraknya politik uang atau money politic seolah pemilu identik dengan uang”. Ungkap Maesaroh Ketua Panwaskab Kebumen.  Pihaknya menghimbau masyarakat untuk partisipasi aktif dalam mengawal pemilu, “Sedangkan panwas sendiri harus memiliki integritas dan netralitas”.  Imbuhnya.

Arif Supriyanto sebnada dengan Badruzaman anggota panwaskab mengungkapkan bahwa tahun lalu peran Panwas belum begitu diperhitungkan, namun dengan adanya UU No.10 Th 2016 Panwas mempunyai taring dan dapat menggugurkan pencalonan apabila ada temuan pelanggaran.

Seiring dengan adanya UU Pilkada No.10 Th. 2016 panwas boleh melakukan eksekusi di lapangan namun didampingi satpol PP, sebagaimana disampaikan oleh Teguh Purnomo Bawaslu Propinsi dalam penyampaian materi sekolah demokrasi. Beliau mempertegas bahwa panwas harus bekerja profesional dengan tameng Undang-undang. (Han)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ketika Rakyat [berani] Hentikan Pidato Pejabat

UMNU Kebumen Gelar Diklat Kridatama, Reinventing Karakter Pemuda Indonesia

Related posts