Mahasiswa Kebumen berbagi di Panti Asuhan Jogja

Acara sosial merupakan salah satu cara merekatkan masyarakat yang satu dengan yang lainnya, kedekatan tersebut salah satu cara untuk menghilangkan sekat-sekat perbedaan. Hal tersebut yang dilakukan IMAKTA ( Ikatan Mahasiswa Kebumen di Yogyakarta ) sebagai salah satu cara membaur dengan masyarakat sekitar Jogja. Kegiatan tersebut dibungkus dengan kegiatan buka bersama dan pemberian santunan di Panti Asuhan La Tahzan Jurugentong, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta pada hari Minggu, 4 Juni 2017.

Sekitar pukul 14.00 WIB, anggota yang tergabung dalam IMAKTA menuju ke Panti Asuhan La Tahzan dengan personil sebanyak 50 orang lebih. Acara yang diikuti sekitar 100 orang tersebut membuat panti asuhan mendadak riuh ramai . Setelah diakukan pembukaan, dilanjutkan dengan acara pelatihan softskill berupa pelatihan Microsoft Office yang difokuskan di Microsoft Office Wordnya. Kebanyakan anak-anak panti asuhan belum bisa mengoperasikan Microsoft Office secara baik oleh karena itu softskill tersebut yang diberikan. Hal ini adalah dampak dari kebijakan kurikulum 2013 yang menghapuskan mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi atau biasa disingkat dengan TIK. Pemerintah dengan serta merta mengeneralisasi bahwa semua anak-anak Indonesia mulai dari TK sudah bisa bermain komputer tanpa melihat berbagai aspek sebagai pertimbangan. Hal inilah yang melatarbelakangi pemberian softskill tersebut di panti asuhan La Tahzan.

Acara yang dimulai sejak pukul 14.30 WIB sampai ba’dha Maghrib tersebut diikuti oleh semua peserta dengan antusias dan bersemangat. Selain pelatihan softskill diadakan pula acara motivasi training bagi anak-anak untuk menambah semangat di dalam menuntut ilmu dan kajian keagamaan. Kegiatan tersebut ditutup dengan pemberian santunan dan kenang-kenangan.

Menurut ketua panitia, Lutfi Irsyad, kegiatan ini adalah salah satu langkah IMAKTA untuk lebih dekat dengan masyarakat di Jogja karena kami adalah mahasiswa dari Kebumen atau pendatang disini. Selain itu, acara yang mengusung tema “ Kebersaman, Keceriaan, dan Kebahagiaan” ini untuk sarana belajar bagi teman-teman IMAKTA dalam bergaul di masyarakat serta pelajaran untuk berbagi dengan sesama. Di sisi lain, ketua IMAKTA, Rosyid Bayyin menambahi, bahwa acara ini merupakan acara tahunan IMAKTA yang penyelenggaraannya dilaksanakan di berbagai tempat, untuk tahun lalu pelaksanaan buka bersama ini dilaksanakan di TPA ( Taman Pendidikan Al-Qur’an) di desa Kalijirek, Kebumen. “Sebagai mahasiswa dari daerah kami juga harus punya kontribusi di Jogja karena disinilah kami menuntut ilmu, tuturnya.”

Sebagai informasi, IMAKTA merupakan Ikatan Mahasiswa Kebumen di Yogyakarta yang anggotanya berasal dari berbagai perguruan tinggi di Jogja mulai dari UGM, UNY, UIN, UPN, UST, UTY, UAD, UMY, ISI, AKPRIND, dan berbagai kampus yang lainnya. IMAKTA sendiri juga sering mengadakan kegiatan di Kebumen seperti sosialisasi kampus, halal bi halal, penampilan seni budaya, dan acara-acara lainnya. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengikuti instagram @imakta atau pun facebook di IMAKTA.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

bram

Berbagi itu asik

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.