8:58 pm - Sabtu Desember 7, 2019

Guru Harus Inovatif dan Dicintai

681 Viewed bram 0 respond

Pendidikan saat ini mengalami tantangan yang luar biasa. Munculnya perkembangan teknologi, perubahan budaya dan dinamika sosial memunculkan tantangan dalam dunia pendidikan. Hal ini tentunya menjadikan guru harus melakukan peningkatan diri. Adalah ironis bila guru yang merupakan aktor pendidikan malah tidak menjadi idola dihadapan peserta didik. Banyak kejadian saat ini yang mengambarkan peserta didik malah takut kepada guru. Dengan demikian mana mungkin guru tersebut menjadi yang dicintai? Berpijak dari kenyataan tersebut, IAINU Kebumen bekerjasama dengan PC.LP Ma’arif Purworejo mengadakan Seminar Nasional dengan tema ‘Menjadi Guru Profesional, Kreatif, Inovatif dan dicintai. Acara yang diselenggarakan (5/3/2017) di Gedung NU Berjan diisi oleh narasumber Dr. Imam Machalli, M.Pd (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Dr. Azam Syukur Rahmatulloh, S.H.I, M.S.I, MA (IAINU Kebumen).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Purworejo (Dr. H. Ahmad Kasinu, M.Pd), Ketua PCNU Purworejo (KH. Khamid Ak), dan lebih dari 300 audien dari para guru dan pemerhati pendidikan di Purworejo.

Dalam sambutannya, Dr. H. Ahmad Kasinu, M.Pd menyatakan bahwa para guru diharuskan memaksimalkan diri supaya menjadi pribadi yang dicintai oleh para peserta didik. Acara ini menjadi sangat penting karena dalam upaya membentuk para guru supaya bisa menjadi pribadi tersebut. Oleh karena itu, dia berharap acara seminar seperti ini bisa sering diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kompetensi guru di Purworejo.

Adapun ketua PCNU Purworejo menegaskan bahwa guru saat ini membutuhkan peningkatan diri supaya menjadi pribadi yang luar biasa. Dengan demikian, acara seperti ini seringlah diselenggarakan. Senada dengan hal tersebut, Ketua PC.LP Ma’arif mengapresiasi kerjasama dengan Pascasarjana IAINU Kebumen. Dengan acara ini semoga menjadi pemicu para guru untuk meningkatkan potensi diri supaya lebih baik.

Menurut Fikria Najitama, Pengelola Pascasarjana IAINU Kebumen, acara ini merupakan bentuk kegiatan Journey of Conference yang merupakan program unggulan Pascasarjana IAINU Kebumen. Sebagai lembaga Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi memiliki kewajiban tridarma perguruan tinggi, yakni pengabdian masyarakat. Program ini juga merupakan upaya menyapa ekosistem pendidikan untuk bisa saling bertukar pikiran dalam meningkatkan potensi dan memikirkan problematika pendidikan. “Journey of Conferece ini merupakan salah satu program penting bagi kani selain Benchmarking ke Luar Negeri, Visiting Study dan Public Lecture” Tambah Fikria Najitama.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Satu Dari Dua Mahasiswa Yang Hanyut Di Pantai Mirit Petikusan Ditemukan

Jaga KBAK Gombong Selatan, Kades Karangduwur Dukung Perpag

Related posts