12:33 am - Kamis Juli 18, 2019

Visit Studi, Pejengkolan Diminta Tularkan Ilmu Ke Peserta Sadar

1107 Viewed kebumenn 0 respond
Muslimah kades Pejengkolan, kecamatan Padureso menunjukan hasil produk BUMdes (Foto: Eko)

Kebumen >> “Aneka cemilan klasic ‘kerupuk jagung’ gurih renyah bikin ketagihan. Ini tulisan di merk produk BUMDes Pejengkolan yang bergambar jagung. Bahan jagung, tepung dan bumbu alami bawang putih dan garam.”  Tutur Muslimah kepala desa Pejengkolan ditengah-tengah studi visit peserta Sekolah Desa Dan Anggaran (Sadar). Pejengkolan telah memiliki BUMdes yang mandiri dan berhasil mengangkat nama desa Pejengkolan ke tingkat nasional.

Sekolah sadar yang merupakan binaan Forum Masyarakat Sipil (Formasi) Kebumen Sabtu (14/1) tengah melakukan Visit Studi ke desa Pejegkolan. Mereka diterima oleh pihak Desa di Balaidesa Pejengkolan, Kecamatan Padureso.

Studi visit ini pesertanya dari Sadar yang terdiri dari unsur pemerintah desa, lembaga desa, masyarakat, pemuda, gapoktan pelajar dan peserta KKN IAINU Kebumen serta Pendamping desa.

Aris Budiono, Ketua kelas Sadar Formasi, mencoba mengaplikaskan teori yang diperoleh Sadar dengan kondisi nyata di lapangan,  selain itu untuk sharing atau tukar pengalama antara peserta yang sebagian besar merupakan perangkat desa dengan Pemdes Pejengkolan.

Desa Pejengkolan merupakan sebuah desa yang kini imenjadi rujukan dan kerap menjadi lokasi studi banding untuk kategori desa mandiri tingkat nasional.

“Visit studi ke Pejengkolan ini diharapka terjadi perubahan atau inovasi baru dari desa-desa asal peserta Sadar.” Lanjut Budiono.

Setelah studi visit ini peserta harus melakukan pemaparan hasil studi lapangan. Mereka rencananya akan memaparkannya di markas Formasi pada tanggal 28 Januari 2017. (Kn.10)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Perajin Tudung Sidamulya Berhasil Maju Carnival Ke Propinsi

Mahasiswa KKN Dorong Produksi Berbasis Desa

Related posts